Semarak Ramadhan Di Kampung Budaya Polowijen

PolitikaMalang – Bulan suci Ramadan sangat cocok untuk mengangkat kearifan lokal terutama tradisi berbuka puasa bersama dan tradisi saling berbagi dan menyatuni. Bulan puasa adalah bulan yang tepat untuk menjalin silaturahmi saling belajar bersama dan mengembangkan sikap toleransi serta menghargai nilai nilai tradisi. Hal itulah yang tampak di Kampung Budaya Polowijen (KBP) selama ramadhan tahun ini.

Semarak Ramadhan di Kampung Budaya Polowijen (KBP) kali ini dijadikan sebagai ajang untuk mempertemukan semua warga KBP dengan Forum Alumni HMI-Wati (Forhati) Kota Malang, mahasiswa dari HMJ Akuntansi Universitas Widyagama Malang serta Yayasan Assidiqqi Asy-Syuhada dan Yayasan Al Ihlas yang membawa anak yatim piatu.
Dalam kesempatan itu Forhati Kota Malang membagikan bingkisan kepada warga KBP dan HMJA Uwiga Malang menyantuni anak yatim piatu.

“kami perlu ikut merasa dan peduli pada komunitas atau warga seperti KBP yg produktif dan melestarikan budaya yang mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dengan berbagi bersama sebagaimana yang diajarkan oleh agama.” Ujar Dini L Nafiati, salah satu pengurus Forhati.

Sementara itu, Indah ketua HMJA Uwiga Malang yang membawa rombongan mahasiswa menyampaikan bahwa sangat perlu di bulan puasa ini belajar kemasyarakatan dengan memperkuat tali silaturahmi dan mempererat hubungan dan berbagi kasih pada sesama sebagai ibadah puasa.

Semarak Ramadhan di KBP selalu kali ini di meriahkan degan bagi bagi dorprice oleh A & R fashion serta tari tarian khas KBP yaitu tari topeng Malang.

Ki Demang sebagai Pemangku KBP menyampaikan bahwa mereka sebagai penggiat budaya memperkenalkan potensi budaya unggulan daerah Malang yang berkelas dunia dengan menampilkan tari-tari tradisi dan tari topeng malang yang menjadi ikon di Malang.

“Kesenian ini senantiasa dikenalkan KBP kepada masyarakat, mahasiswa dan anak yatim piatu agar kedepan ikut menjaga melestarikan budaya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Musrenbang Klojen, Tangani Pandemi Guna Pemulihan Ekonomi

Leave a Reply