Setelah Macito, Kini Kota Malang Punya Pecito

Politika Malang – Kegiatan apel pagi yang rutin dilaksanakan oleh Pemkot Malang pada kamis (8/2) lalu tampak berbeda. Pasalnya, Pada kesempatan itu pula, Mochamad Anton selaku Walikota Malang telah melaunching mobil “Malang Firefighter City Tour” atau biasa disebut Pecito (pemadam kebakaran city tour) sebagai wujud dukungan program wisata di Kota Malang.

2 buah mobil pemadam kebakaran milik UPT Damkar Kota Malang tersebut dapat digunakan untuk berkeliling Kota Malang, selain sebagai wahana untuk wisata; masyarakat juga bisa mendapatkan edukasi terkait pemadam kebakaran.

Kendaraan yang sudah menjalankan tugasnya sejak tahun 1982 tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat Kota Malang, khususnya para pelajar. Mereka dapat berkeliling kota sekaligus mengenal tugas dan cara kerja alat pemadam kebakaran.

“Saya berharap keberadaan 2 mobil Pecito ini dapat menambah daya tarik Kota Malang sebagai Kota Pariwisata sekaligus menambah edukasi bagi masyarakat akan pentingnya mencegah kebakaran” tandas pria yang akrab disapa Abah Anton tersebut.

Abah Anton menambahkan, wisata edukasi yang menggunakan media pemadam kebakaran ini juga bertujuan untuk memupuk jiwa kepahlawanan dan kepekaan sosial anak-anak sejak dini. Menariknya, program Pecito di Kota Malang ini merupakan inovasi pemerintah daerah yang pertama di Indonesia.

Jadi jika sebelumnya Kota Malang sudah punya bus wisata dengan model tingkat dan atap terbuka yang disebut Macito, kini Pecito siap menemani Macito sebagai fasilitas transportasi wisata gratis yang siap berkeliling di Kota Malang.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

Leave a Reply