Siap Revitalisasi Pasar Splendid, Pasangan ASIK Ingin Gelorakan Kembali “MAKOBU”

Politika Malang – Calon Wali Kota Malang (Petahana), Mochammad Anton, berkeinginan terus memunculkan kembali ikon kota ini yang sempat meredup dalam beberapa tahun terakhir, yakni Malang Kota Bunga (Makobu). Berbagai program telah dilakukan Abah Anton sapaan akrabnya di periode sebelumnya.

Dimulai dengan mempercantik Jalan Ijen Boulevard beserta tamannya dengan berbagai tanaman bunga, pria yang mendapat julukan Walikota Gila Taman (Wagiman) ini juga terus konsen melakukan revitalisasi dan optimalisasi puluhan ruang terbuka hijau dan taman di Bhumi Arema, tujuannya tidak lain untuk mengembalikan citra Malang Kota Bunga itu sendiri.

“Kami ingin menggelorakan kembali Makobu sebagai ikon Kota Malang yang beberapa tahun terakhir ini menghilang. Ke depan, saya menginginkan agar setiap tahun event Festival Bunga juga dapat dilaksanakan di Ijen Boulevard untuk terus meningkatkan pariwisata di Kota Malang,” kata Abah Anton saat ditemui di sela blusukannya ke Pasar Bunga dan Burung Splendid, Klojen, Rabu (28/2/2018) siang.

Untuk menunjang hal ini, Anton yang maju kembali sebagai Calon Wali Kota Malang bersama Syamsul Mahmud itu, berencana akan mengembangkan dan merevitalisasi Pasar Bunga dan Burung Splendid bisa dibilang, sudah menjadi salah satu ikon Kota Malang sejak era 1960an serta menjadi jujukan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Ke depan, saya dan Mas Syamsul akan mengupayakan cara menata Pasar Splendid menjadi salah satu destinasi yang representatif bagi wisatawan, Ada potensi besar di Pasar Splendid, karena kami melihat ini sudah jadi destinasi wisata. Tapi masih perlu dikembangkan lagi, masterplan juga sudah ada,”kata dia

Dengan pengembangan kawasan Splendid tersebut, diharapkan pengunjung bakal lebih betah dan nyaman berwisata di pasar yang berlokasi di sebelah barat Balai Kota Malang itu.

Pasar Splendid,  kata dia, merupakan salah satu jujugan masyarakat, para pecinta hewan, maupun tanaman hias dan bunga yang harus tetap dilestarikan. Banyak warga dari luar Malang yang datang ke pasar bunga dan burung Splendid ini setiap harinya.

“Nanti ditata biar nyaman menikmati pemandangan burung, ikan, kelinci, bunga-bunga, juga interaksi jual beli. Bisa juga berbelanja untuk oleh-oleh,” tukasnya.

Leave a Reply