SIPIKA, Layanan E – Transaksi Perumda Tirta Kanjuruhan Diresmikan

PolitikaMalang – Penerapan E-Transaksi Perumda Tirta Kanjuruhan secara resmi dilaunching oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM didampingi Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Senin (4/11) siang di Gedung Perumda Tirta Kanjuruhan, Jl. Raya Kebonagung Kecamatan Pakisaji. Hadir dalam kesempatan ini Ketua DPRD, Kapolres Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Direktur Utama beserta jajaran direksi Perumda Tirta Kanjuruhan.

Bupati mengapresiasi inovasi yang diluncurkan oleh Perumda Tirta Kanjuruhan melalui aplikasi SIPIKA ini. “Terima kasih dan apresiasi atas dedikasi keluarga besar Perumda Tirta Kanjuruhan, sehingga hari ini bisa melaunching E-Transaksi dikembangkan melalui aplikasi SIPIKA yang akan diterapkan di lingkungan Perumda Tirta Kanjuruhan. Inovasi ini penting khususnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ungkap pria yang akrab disapa Abah ini.

Menurutnya, perusahaan daerah yang menjadi ujung tombak penyedia layanan air bersih bagi masyarakat ini dituntut memberikan pelayanan yang meliputi segala lini. Mulai dari menyediakan air bersih, menyalurkannya kepada masyarakat, merespon adanya keluhan dan gangguan yang dialami masyarakat, hingga memberikan kemudahan dari segi pembayaran tagihan.

“Pembayaran tagihan sangat identik dengan kemudahan melalui teknologi. Ada berbagai fasilitas pembayaran yang saling terintegrasi. Oleh karena itu, Perumda Tirta Kanjuruhan juga dituntut semakin inovatif. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelayanan semakin mudah, cepat dan tepat. Selain itu juga dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan, serta munculnya biaya tidak terstandar yang berpotensi muncul pungutan liar. Semoga aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dan laksanakan sosialisasi pula kepada para pelanggan agar manfaat E-Transaksi benar-benar dirasakan semua pihak,” pesan Abah.

Syamsul Hadi selaku Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan mengatakan bahwa ada beberapa pelayanan yang direalisasikan Perumda Tirta Kanjuruhan ini, dalam prosesnya terdapat transaksi pembayaran sejumlah biaya kepada masyarakat/pelanggan. Pelayanan dimaksud diantaranya pemasangan sambungan rumah baru, buka kembali karena tutup sementara dan tutup tetap, balik nama, penggantian meter air dan stop kran, pindah posisi meter air, penggantian meter air karena hilang.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Pihak perbankan turut mendukung penerapan E transaksi ini khususnya untuk Non Air dengan fasilitas yang disediakan melalui ATM, mobile banking, transfer, dan teller. Sedangkan vendor yang mendukung untuk merealisasikan E transaksi ini adalah Magna Karsa Mulya (MKM) dan Bima Sakti Multi Sinergi. Kesempatan ini, Perumda Tirta Kanjuruhan memberikan reward kepada pelanggan yang tertib membayar tagihan PDAM terdiri dari golongan niaga, rumah tangga, dan industri dalam tiga bulan terakhir ini.

Sebelum acara launching e-Transaksi ini dilaksanakan, Perumda Tirta Kanjuruhan juga menggelar sosialisasi saber pungli, pencegahan tipikor dan penguatan integritas Perumda Tirta Kanjuruhan yang diikuti oleh seluruh pejabat Struktural Perumda Tirta Kanjuruhan, dan beberapa PDAM di Jawa Timur.

Sosialisasi ini bertujuan agar dalam proses pelayanan Perumda terhindar dari praktek pungli, penyelenggaraan bisnis perusahaan diselenggarakan dengan profesional, taat hukum dan ketentuan, memberikan kesadaran kepada pegawai untuk memiliki komitmen yang kuat, dan loyal kepada perusahaan, serta berintegritas dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

Sedangkan narasumber yang mengisi sosialisasi ini diantaranya Inspektur Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti, S.H, M.Si, yang kedua dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Wahyu Susanto, S.H, dan ketiga Bapak Rudy dari Polres Malang.

Leave a Reply