Soal Koalisi Bangjo di Pilkada Malang, Hakim: Saya Yakin Akan Terealisasi

PolitikaMalang – Dinamika politik jelang Pilkada Malang tahun 2018 mendatang semakin memanas. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah menurunkan rekomendasi atas dua nama bakal pasangan calon yakni H. Moch Anton dan Syamsul Mahmud sebagai jago mereka di ajang pesta demokrasi warga Kota Malang itu.

Hal itu memantik sejumlah pertanyaan, akan nasib koalisi ‘Bangjo’ (PDI Perjuangan – PKB) yang selama ini sudah digagas dan diharapkan linier dengan peta politik di ajang Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Menanggapi soal koalisi Bangjo di Pilkada Kota Malang, Sekertaris DPC PDI Perjuangan, Abdul Hakim, menegaskan jika partai berlambang banteng itu masih optimis jika akan berkoalisi dengan PKB mengusung petahana, H. Moch Anton.

“Saya yakin Abah Anton akan menjaga etika politik dalam berkompromi untuk koalisi Bangjo di Pilkada Kota Malang,” kata Abdul Hakim.

Ia menjelaskan, selama ini pihaknya masih aktif membangun komunikasi politik dengan Anton dan juga PKB untuk memuluskan langkah koalisi.

“Saya tetap yakin nanti pada suatu titik antara Abah Anton dan PDI Perjuangan akan ketemu dan memutuskan koalisi,” ujarnya.

Menanggapi soal nama Bacalon N2 yang direkomendasikan oleh DPP Nasdem, Hakim menanggapi dengan cukup santai. Ia melihat jika langkah itu merupakan bagian dari dinamika politik dan itu merupakan hal yang wajar.

“Saya lihat apa yang dilakukan oleh Abah Anton itu bagian dari dinamika politik, tapi kami tetap yakin pada akhirnya koalisi tetap Bangjo,” tegasnya

Bukan itu saja, PDI Perjuangan, kata Hakim juga masih melakukan penjajakan dan komunikasi politik kepada partai lainnya untuk diajak bersama dalam Pilkada Malang 2018. Hal itu dilakukan, jika memang ada kendala dalam komunikasi politik dengan PKB soal koalisi, maka partai menyiapkan skenario untuk menggandeng partai lainnya.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

“Meskipun kita bisa mengajukan pasangan calon sendiri tapi kita akan tetap berkoalisi dengan partai lain, jika memang nanti ada kendala dalam menuju koalisi Bangjo. Komunikasi politik dengan partai lain sudah kita lakukan,,” ucap Hakim

Hakim juga menjelaskan, jika komunikasi politik dengan para ketua partai, selain untuk penjajakan juga untuk membentuk komitmen bersama akan terwujudnya Pilkada Malang yang damai dan melahirkan pemimpin yang benar-benar dikehendaki masyarakat.

“Siapapun yang menang kita akan terima karena memang benar itu pilihan masyarakat,” kata pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Malang itu

Leave a Reply