Soal Sumber Air Wendit, Begini Kesepakatan Pemkot dan Pemkab Malang

PolitikaMalang – Polemik mengenai tarif penentuan biaya jasa Sumber Air Wendit, Kabupaten Malang akhirnya menemui jalan terang. Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Malang telah melakukan berbagai kesepakatan usai melakukan konsultasi kepada Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (14/11).

Dalam konsultasi itu, dihadiri Sekda Kota Malang, Wasto, Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono, Ketua DPRD Kota Malang, Abdul Hakim, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko, serta perwakilan dari Kemendagri, Kementerian PUPR hingga Pemprov Jawa Timur.

Sedikitnya ada tiga kesepakatan yang dijalin dalam pertemuan tersebut dan ditandangani oleh seluruh perwakilan. Pertama, Pemkot Malang dan Pemkab Malang sepakat penentuan tarif biaya jasa pengelolaan sumber daya air dilakukan oleh tim evaluasi tarif sebagaimana diatur dalam Permen PUPR Nomor 18/PRT/M/2015 Pasal 8 ayat (2). Penentuan tarif sebagaimana dimaksud harus melibatkan Pemkot Malang, Pemkab Malang, Pemprov Jawa Timur, Kementerian Dalam Negeri.

“Penentuan tarif sebagaimana dalam kesepakatan itu waktunya paling tiga bulan terhitung sejak kesepakatan ini ditandatangani dan difasilitasi oleh Pemprof Jawa Timur,” kata Ketua DPRD Kota Malang, Abdul Hakim kepada Politika Malang.

Kesepakatan kedua adalah, Pemkot Malang dan Pemkab Malang sepakat melakukan penyesuaian Perjanjian Kerjasama (PKS) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketiga, Pemprov Jawa Timur diminta untuk segera membentuk rencana aksi penyelasian pada dua kesepakatan sebagaimana disebut di atas. “Masalah polemik air jangan sampai berkelanjutan, ini berkaitan dengan hajat hidup masyarakat banyak. Saya sudah sering mengimbau Pemkot agar segera menyelesaikan masalah ini,” tandasnya.

Abdul Hakim berharap dengan adanya kesepakatan bersama ini polemik air di Kota Malang, khususnya kawasan yang dialiri air dari sumber Wendit, tidak lagi terganggu.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Leave a Reply