Solid, Tiga PCNU di Malang Raya Bentuk Satgas Covid-19

PolitikaMalang – Wabah Covid-19 yang belum tampak segera berakhir, menumbuhkan jiwa solidaritas dan kemauan berbagi dari berbagai elemen masyarakat. Berbagai kegiatan dilakukan demi memastikan virus tidak tersebar, bahkan sebisa mungkin dihentikan.   Langkah nyata di antaranya dilakukan Nahdlatul Ulama Malang Raya. Tiga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, bersatu membentuk Satgas Covid-19. Salah satu gerak nyata dari satuan tugas tersebut adalah peresmian Media Center Covid-19 di Kantor PCNU Kota Malang, Jalan KH Hasyim Asy’ari No 21, Kota Malang.   Syifa Mustika yang didapuk sebagai Ketua Satgas Covid-19 NU Malang Raya menjelaskan bahwa media center ini menjadi tempat berbagi informasi tentang Covid-19. Juga memiliki fungsi sebagai posko kegiatan Satgas NU.  

“Secara umum Satgas ini memiliki dua program utama, yakni kluster medis dan non medis. Yang kemudian dijabarkan menjadi 14 program kerja,” katanya kepada media ini, Ahad (19/4).   

Untuk medis, maka dimaksimalkan fungsi klinik NU yang sudah ada. Sedangkan untuk kluster medis, klinik NU di Jalan Aris Munandar 21 Malang disiapkan sebagai posko kesehatan.   

“Jika ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama, tim medis stand by bersama relawan bisa bergerak cepat dan tanggap,” kata dokter spesialis penyakit dalam tersebut.  

Satgas yang sudah dibentuk sejak akhir Maret ini sudah beberapa kali melakukan kegiatan. Dan saat ini, menurut Syifa yang juga sebagai tenaga medis di RSSA Malang, pihaknya menyiapkan screening relawan.   

“Kurang lebih tiga ratus relawan yang akan dilakukan screening,” ungkapnya.

  Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terima kasih karena disuplai logistik dan peralatan dari Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC). Satgas Covid-19 NU Malang Raya mendapatkan bantuan sembako, Alat Pelindung Diri, alat semprot disinfektan, dan masker.   

“Terima kasih atas bantuan MBLC, baik sumber daya maupun bantuan logistik,” katanya.  

Walikota Malang di kesempatan berbeda mengapresiasi dan bersyukur dengan terlibatnya berbagai elemen masyarakat untuk bersama memerangi pandemi ini. 

  “Saya ucapkan terima kasih mewakili masyarakat Malang. Kita bersama-sama mengurangi dampak Covid-19, mudah-mudahan ini bisa menyatukan kita dan bersatu melawan Corona dengan berbagai cara,” katanya.  

Hadir pada giat tersebut para Ketua PCNU di Malang Raya, para ulama, Wali Kota Malang, Sutiaji, Kapolresta Malang Kota, Leonardus Simarmata, dan Dandim 0833/Kota Malang Tommy Anderson.    Juga Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Ketua Gugus Tugas Covid-19 NU Malang Raya dokter Syifa Mustika, , ketua Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) dokter Muhammad S Niam, dan koordinator Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC) yang juga Ketua PD XII GM FKPPI Jawa Timur, Agoes Soerjanto.

Leave a Reply