Spektakuler, Grand Final Joko Roro Di Ketinggian 2551 MDPL

PolitikaMalang – Spektakuler, begitulah pelaksanaan Malam Pemilihan Grand Final Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang tahun 2018. Dibuka langsung Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna, acara dua tahunan tersebut berlangsung di Amphiteater Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari dari ketinggian 2551 mdpl, Sabtu (28/4) malam.

Tak hanya itu, tujuh juri yang juga spektakuler hadir untuk bertugas melakukan penilaian terhadap tujuh pasang dari 15 pasang finalis Joko Roro yang lolos hingga babak Grand Final. Dua juri diataranya adalah artis dan chef nasional Farah Queen dan Rektor Universitas Malang. Tak ketinggalan, bintang tamu Baby Sima tampil menghibur tamu undangan dan masyarakat setempat.

Hasilnya, Joko Roro Kabupaten Malang 2018 terpilih adalah Joko Bintang Halilintar dan Roro Ega Calvina. Sedangkan, Wakil I Joko Roro : Joko Andre Saputra dan Roro Gloria Vincentia, Wakil II Joko Roro : Joko Elvan Bramastya dan Roro Venska Natasya. Sementara, Joko Roro Favorit : Joko Goldy Sena Prabowo dan Roro Delonix Regia, Joko Roro Berbakat : Joko Oryza Aditya Wardana dan Roro Gebry Alan Biya.

Untuk Duta Desa Wisata terpilih yakni Joko Jingga Wahyu Buana dan Roro Vanessa Astari. Sementara Duta Sanitasi terpilih yakni Joko Bayu Hendriansya dan Roro Belinda Amanda. Mereka akan bertugas sebagai Duta Wisata Kabupaten Malang selama dua tahun ke depan.

“Selamat atas terpilihnya Joko Roro Kabupaten Malang tahun 2018, serta yang masuk hingga babak Grand Final malam ini. Semoga ke depan mampu menjalankan tugas dan kwajibannya sebagai Joko Roro Kabupaten Malang. Diataranya turut mempromosikan wisata yang dimiliki Kabupaten Malang mulai pantai, gunung hingga desa wisatanya,” pesan Pak Rendra, sapaan akrab Bupati dalam sambutan.

Tahun ini, tema yang diambil Pemkab Malang dalam gelaran Grand Final Pemilihan Joko Roro Kabupaten Malang adalah Discovery The Hiden Paradise. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mencoba mengangkat dua destinasi wisata Sanankerto dan Gunung Kawi. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan, dua destinasi wisata itu adalah surga yang tersembunyi di Kabupaten Malang. Sanankerto sendiri terletak di Kecamatan Turen. Destinasi yang akrab dikenal sebagai Boonpring ini menyimpan ratusan spesies bambu di dunia.

“Karena itulah, dalam malam penobatan ini padatnya spesies bambu di Sanankerto ini digunakan sebagai background panggungnya selain keindahan kawasan gunung Kawi sendiri,” terang Made Arya dalam laporannya.

Lebih dari 4 ribu orang menyaksikan acara malam tadi. Mulai dari para pejabat, seluruh camat dan kepala desa se Kabupaten Malang, akademisi, pengusaha, pelaku wisata, wisatawan, supporter para finalis hingga masyarakat tumpek blek di venue. Disamping mengikuti penobatan Joko Roro, mereka juga sangat terhibur dengan rangkaian acara hiburan.

Leave a Reply