Survei Adiwangsa: Petahana Kabupaten Malang Leading Tapi Belum Aman

PolitikaMalang – Dinamika politik di Kabupaten Malang terus berjalan, Terbaru, Adiwangsa Research & Consultant bersama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta telah melakukan riset awal terkait kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Malang 2020.

Riset itu dilakukan terhadap 480 orang di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Mereka yang mengikuti riset merupakan pimilih aktif pada Pilkada tahun 2019. Riset menggunakan teknik multistage random sampling. 

Seperti dikutip dari Baca Malang, ada banyak fakta menarik yang didapat dari riset tersebut. Salah satunya adalah kemungkinan tumbangnya Bupati Malang petahana, HM Sanusi.

Hasil riset yang disimulasikan dalam bentuk elektabilitas para calon, nama Sanusi bahkan tidak dapat mencapai angka 50 persen.

Pada simulasi elektabilitas pertama, Sanusi disandingkan dengan 15 nama yang berpotensi bertarung di Pilkada Kabupaten Malang 2020. Hasilnya, elektabilitas Sanusi hanya mencapai 15,41 persen.

Kemudian, simulasi disusutkan lagi. Sanusi disandingkan dengan 7 nama, seperti diantaranya Moreno Soeprapto, Siadi, Sri Untari, Hasan Abadi, Heri Cahyono, Geng Wahyudi dan Ali Ahmad. Sanusi tetap unggul dengan elektabilitas mencapai 20,2 persen.

Simulasi elektabilitas terakhir, Sanusi dipertemukan dengan 4 nama, diantaranya Siadi, Ali Ahmad, Hasan Abadi, dan Heri Cahyono. Hasilnya, elektabilitas Sanusi teratas dengan 30,41 persen. Nama tertinggi lainnya disusul elektabilitas Ali Ahmad (22,49 persen) dan Hasan Abadi (20,41persen).

“Elektabilitas petahana masih belum aman Calon petahana masih bisa dikalahkan. Artinya apa, siapapun figur calon untuk Pilkada Kabupaten Malang nanti, masih bisa berpotensi untuk menang. Hal itu juga berdasarkan simulasi elektabilitas Bupati petahana yang tidak bisa mencapai angka 50 persen,” kata Direktur Adiwangsa Research & Consultant, Mahatva Yoga Adi Pradana, Minggu (1/3/2020).

Masih dari hasil riset itu, Mahatva bilang, calon kepala daerah yang paling disuka adalah yang bisa dekat dengan masyarakat. Sebesar 43,7 persen masyarakat menginginkan agar kepala daerah peduli terhadap mereka.

Kemudian, sebesar 20 persen masyarakat lainnya mendambakan kepala daerah yang jujur dan tidak korupsi.



Baca Juga :   Pjs. Bupati Malang Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke 75 Jawa Timur

Leave a Reply