Sutiaji: Budaya Membaca Buku Harus Ditingkatkan

PolitikaMalang - Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, berharap budaya membaca buku bisa lebih ditingkatkan, agar masyarakat memiliki pengetahuan yang baik dan mampu berkreasi.

Menurut Sutiaji, budaya membaca buku di kalangan masyarakat, masih rendah. Hal ini berbeda dengan budaya membaca masyarakat di luar negeri, yang sudah menjadikannya sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Budaya membaca buku kita masih kurang, sehingga perlu kita tingkatkan,” kata Sutiaji saat meresmikan Perpustakaan di Kampung Budaya Polowijen, Kecamatan Blimbing, Sabtu (10/6).

Sutiaji mengapresiasi hadirnya perpustakaan yang ada di Kampung Budaya Polowijen. Menurtnya hal ini adalah upaya agar minat baca di masyarakat bisa terdongkrak, dan bisa menjadi contoh yang baik di masyarakat.

Wawali juga mengimbau agar kedepan koleksi buku yang ada di Perpustakaan Kampung Budaya ini perlahan ditambah dan disesuaikan dengan minat masyarakat dan pengunjung, sehingga bisa menambah nilai positif di kampung tersebut.

Ia menambahkan, kehadiran Kampung Budaya ini harus terus didorong sehingga keberadaannya bisa diketahui masyarakat luas dan mampu menghadirkan wisatawan dari berbagai penjuru, bahkan hingga dari mancanegara.

Sementara itu, Rektor Universitas Widya Gama Malang, Iwan Nugroho, berharap buku yang disumbangkan oleh pihaknya, ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat. “Mudah-mudahan dengan membaca buku bisa meningkatkan pengetahuan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Iwan

Dalam kesempatan itu, Iwan Nugroho, mengatakan jika pendapatan perkapita di Kota Malang sangat tinggi, dan hal itu ditandai dengan tumbuhnya ruang ekspresi, salah satunya ruang budaya di Kampung Budaya Polowijen ini. “Memang wisata ini bisa mendongkrak perekonomian,” tukasnya.

Tokoh masyarakat sekitar, Isa Wahyudi, mengapresiasi bantuan dari Universitas Widya Gama yang telah memberi bantuan buku dan akan bermanfaat bagi masyarakat. “Kampung Budaya ini dibentuk untuk melestarikan budaya yang ada di Malang,” kata Isa Wahyudi.

Baca Juga :   Vision Discretion And additionally Complicated Pure natural stone Achieving put Get Floor On $400 Trillion Tough Normal jewel Modern gambling house Northern

Perpustakaan di Kampung Budaya Polowijen ini merupakan sumbangsih civitas akademika Universitas Widya Gama Malang. Para mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata di kawasan itu melihat ada minat yang besar dari masyarakat untuk membaca buku.

Melihat hal itu, maka mahasisiwa melakukan aksi donasi 1000 buku dan hasilnya sebanyak 1.135 buku berhasil dikumpulkan, sedangkan bantuan dari Kampus Widya Gama adalah berupa gazebo yang dijadikan perpustakaan di kampung tersebut.

Leave a Reply