Sutiaji: Karang Taruna Mitra Strategis Pembangunan Kota Malang

PolitikaMalang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan terus menjadikan karang taruna sebagai salah satu mitra strategis untuk suksesnya pembangunan di Kota Malang. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Malang, H. Sutiaji saat memberikan pengarahan pada anggota karang taruna se Kota Malang di Aula ex. Dinas Sosial Jl. Sulfat Malang, Kamis (5/3).

“Kami memberikan apresiasi tinggi serta ucapan terima kasih atas apa yang telah dilakukan karang taruna bagi Kota Malang; kedepan kita mantapkan terus peran serta karang taruna bagi pembangunan bangsa di masa depan” kata Sutiaji.

Pria berkacamata itu juga menekankan agar para pemuda terus berkiprah, berkarya dan berinovasi melalui organisasi-organisasi pemuda untuk menyuarakan aspirasinya. “Para pemuda harus memiliki visi dan misi untuk menentukan bagaimana negara kita dibangun pada masa yang akan datang; harus ada kesadaran pemuda bahwa masa depan Indonesia bergantung pada para pemuda” tegasnya.

Menurut politisi Partai Demokrat tersebut, Pemuda adalah agen perubahan, pemuda dapat merubah dari yang tidak baik menjadi baik karena pemuda memiliki cita-cita luhur, idealis dan tidak ada kepentingan pihak lainnya. Oleh karenanya, kiprah organisasi karang taruna menjadi penting di berbagai sektor pembangunan.

“Saya berharap Karang Taruna kedepannya nanti menjadi organisasi sosial, organisasi yang profesional, organisasi kader; untuk itu, seseorang tidak bisa serta merta menjadi pengurus karang taruna jika tidak memiliki visi kedepannya” tuturnya lagi.

Menjawab tantangan Walikota Malang, beberapa karang taruna di kota Malang telah bergerak progresive, seperti karang taruna Bunulrejo dengan co-working space dan pengembangan seni batik Bunulrejo serta karang taruna Tanjungrejo dengan pengembangan rumah karya.

Sementara itu, Penny Indriani, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Malang mengatakan bahwa kegiatan fasilitasi karang taruna tahun 2020 ini bertujuan untuk mendorong organisasi Karang Taruna Kota Malang agar dapat segera melakukan pemilihan pengurus Karang Taruna yang telah habis masa baktinya. “Selain itu, melalui kegiatan ini pula, saya berharap agar karang taruna dapat berdialog langsung dengan Bapak Walikota untuk menyampaikan uneg-uneg dan permasalahan yang ada di organisasi agar dapat segera mendapatkan solusi demi mewujudkan Kota Malang yang Bermartabat” tandasnya. 

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

Leave a Reply