Sutiaji: Pemerintah Akan Perhatikan Kesehatan PKD

PolitikaMalang – Komitmen Pemerintah kota Malang, sebagai Kota bersih dari sampah , Plt Walikota Malang Sutiaji mengunjungi tempat Pemilahan Kompos Daur Ulang yang ada di jalan Kolonel Sugiono gang I kota Malang, Kamis (19/07).

Tak risih plt Sutiaji turut memilah sampah sambil berdialog dengan para petugas pengolah sampah menjadi kompos, padahal baru saja masuk pintu gerbang pengolahan sampah, aroma bau busuk sudah menyengat namun para petugas PKD nampak santai tanpa penutup hidung bekerja memilah sampah.

“Pekerjaan yang dilaksanakan oleh petugas di sini kan rawan terkena penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) ataupun penyakit yang lain, namun ternyata pelayanan kesehatan para petugas di sini tidak terjamin,” ungkap Sutiaji setelah melakukan kunjungan.

Menanggapi kondisi tersebut, Sutiaji langsung menghubungi Kepala Dinas Kesehatan dan meminta agar petugas Puskesmas terdekat dari lokasi pengolahan kompos tersebut datang untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

“Di sini kan melakukan pekerjaan atas nama institusi atau lembaga, maka kesehatan para petugas di sini harus benar-benar terlayani dengan baik, apalagi setiap hari harus berurusan dengan sampah,” ujar Sutiaji.

Mendengar akan ada pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi petugas PKD, semua petugas PKD merasa gembira karena kesehatan mereka akan lebih terjamin.

“Kalau ada pemeriksaan rutin begini kita jadi bisa check up dan tidak perlu sakit dulu baru periksa ke dokter dengan menggunakan BPJS. Alhamdulillah kalau nanti ada pemeriksaan kesehatan bagi kami ini,” ungkap salah satu petugas PKD, Suratmi.

Permasalahan sampah yang jumlahnya terus meningkat setiap harinya menjadi perhatian bagai mana cara pengurangan jumlah sampah ke TPA.

“Dengan adanya PKD seperti ini bisa mengurangi jumlah sampah yang dikirimkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah kota Malang. Jika semakin banyak PKD seperti ini maka volume sampah yang dikirim ke TPA setiap hari bisa terkurangi, apalagi TPA kita lahannya juga sudah semakin penuh dengan sampah,” ungkap Plt Walikota Malang.

Baca Juga :   The Surface Associated with Making a request Exist Physical activities Probabilities Any time Introducing Your Rugger Promise Online

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala UPT Penampungan dan Pengolahan Sampah (PPS) kota Malang, Edy Sugianto menyatakan PKD di jalan Kolonel Sugiono tersebut menerima hampir 3 ton sampah rumah tangga setiap harinya.

“Dengan dikelola menjadi kompos di sini, maka setiap hari kita berhasil menurunkan hampir 2,4 Ton sampah yang akan dikirimkan ke TPA. Residu atau bekas hasil pengolahan sampah menjadi kompos yang kita kirim setiap hari ke TPA hanya 600 kilogram saja,” pungkas Edy Sugianto. (*)

Pewarta : Djoko winahyu

Leave a Reply