Sutiaji: Pemimpin Harus Miliki Tiga Komponen

PolitikaMalang – Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji membeberkan tiga kriteria pemimpin. Menurutnya pemimpin harus memiliki tiga hal yakni kemampuan, integritas dan komitmen. Komponen itu, kata Sutiaji merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh pemimpin dalam upaya mensejahterakan warganya.

“Tiga hal itu saya kira penting sebagai patokan dalam menilai calon pemimpin,” Kata Sutiaji saat memberi materi dalam Sarasehan BEM se Malang Raya di Unitri, Jumat (3/11).

Selain itu pemegang kursi N-2 itu juga mengingatkan para kaum muda intelektual agar menghindari demokrasi transaksional. Karena hal itu akan membawa dampak buruk bagi pemerintahan di masa mendatang.

Tak hanya itu saja, Wawali juga menekankan jika selama ini pemuda merupakan komponen yang mampu menjadi perekat pemersatu bangsa. Hal itu sudah teruji dari pengalaman sejarah di Indonesia dari momen sumpah pemuda hingga masa reformasi.

“Salah satu motor penggerak reformasi adalah mahasiswa yang notabene adalah kaum muda,” imbuhnya.

Dalam acara yang juga dihadiri tokoh penggerak pemuda M. Geng Wahyudi itu, Sutiaji menjelaskan ihwal permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Kesenjangan sosial hingga prosentase gini rasio yang masih tinggi, menurut Sutiaji, memerlukan perhatian bersama kalangan muda dalam memberi masukan, saran hingga melakukan aksi nyata.

“Ciri khas intelektual yakni mahasiswa ini adalah selalu resah. Resah dengan keadaan yang tidak baik, resah dengan kondisi yang tidak sesuai dengan standar-standar yang sesuai dengan harapan dan cita-cita,” tukasnya.

Sutiaji mengajak kepada semua pemuda agar bisa menjalin kebersamaan dalam upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. “Hilangkan egosektoral, mari bersatu berada di garis depan untuk pembangunan di Indonesia,” tegasnya.

Tak hanya itu, Wawali Sutiaji juga mengajak para pemuda agar memegang teguh Pancasila dan UUD 1945 sebagai panduan dalam berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

Leave a Reply