Tahun 2020, Pemkab Malang Terapkan E – Budgeting

PolitikaMalang – Gerakan reformasi birokrasi terus digaungkan oleh pemerintah Kabupaten Malang. Terbaru, Pemkab Malang berencana menerapkan E – Budgeting tahun 2020 mendatang. Seperti dikutip dari Radar Malang, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) membuka kesempatan warga kabupaten Malang untuk memantau anggaran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang.

Tepatnya awal tahun 2020 mendatang warga Kabupaten Malang bisa memantau transaksi dan besaran anggaran yang dipergunakan OPD Kabupaten Malang melalui sistem applikasi e-Budgeting.

Dengan aplikasi tersebut, catatan pengeluaran OPD dan dananya bakal tersinkronisasi dengan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP).

Sinkronisasinya sendiri bakal dilakukan oleh admin dari Kasubag Umum ataupun Kasubag Keuangan dan yang ada pada setiap OPD Kabupaten Malang.

“Jadi nantinya admin per OPD itu akan login di aplikasi E-Budgeting dan memasukkan semua transaksi di situ. Nantinya ketika sudah di e-Budgeting datanya bakal tersinkronisasi dengan websie SiRUP,” ujar  Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono seusai bimbingan teknis e-Budgeting, Selasa (17/12).

Di website Sirup, yakni https://sirup.lkpp.go.id/sirup/ro, itulah warga Kabupaten Malang nantinya bisa memantau dana dan anggaran per OPD.

“Jika sudah ke website langsung saja searching ‘Kabupaten Malang’. Dan di sana bisa milih OPD mana yang ingin dicek dan melakukan pengadaan apa,” tuturnya

Bahkan, kata Didik, di aplikasi e-Budgeting ini sistem penggajian para ASN ataupun Pegawai Tidak Tetap setiap OPD bakal diberlakukan sistem Payroll atau tidak melalui uang tunai lagi.

“Jadi di e-Budgeting ini gaji itu tidak lagi uang tunai tapi payroll melalui sistem transfer. Semua bisa dicek besarannya berapa,” tutur pria yang diwacanakan akan menjadi calon Bupati Malang tahun 2020 mendatang.

“Jadi dengan adanya ini kami harap kabupaten Malang bisa lebih transparan kepada masyarakat Kabupaten Malang. Hasilnya, ya kami harap tidak ada lagi yang korupsi,” tutupnya.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

E – Budgeting yang akan diterapkan oleh Pemkab Malang ini sejalan dengan visi Presiden Jokowi yang mendorong semua pemerintah daerah untuk segera menerapkan smart city dan keterbukaan informasi publik.

Leave a Reply