Tahun Politik, Pertumbuhan Ekonomi 2018 di Malang Raya Diprediksi Meningkat

PolitikaMalang – Pertumbuhan ekonomi di wilayah Malang diprediksi meningkat di tahun 2018 dibandingkan tahun 2017. Momen pemilihan kepala daerah (pilkada) dinilai sebagai salah satu indikator meningkatkan perekonomian.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Dudi Herawadi mengungkapkan, di tahun 2018, pengeluaran pemerintah lebih tinggi, sehingga akan mendorong aspek pergerakan ekonomi secara keseluruhan.

 

“Anggarannya banyak yang keluar, untuk itu BI tetap menjalankan tugasnya dengan menjaga stabilitas nilai rupiah yang diukur dari dua parameter, yakni bagaimana harga barang dan jasa, serta bagaimana nilai rupiah dibandingkan dengan valuta negara lain ,” kata Dudi di sela Diskusi Outlook Stabilitas Sistem Keuangan 2018, Senin (11/12).

 

Dudi mengungkapkan , terkait perkembangan perekonomian di akhir tahun 2017, pada triwulan IV diperkirakan cendrung tumbuh dibanding triwulan III. “Diproyeksikan tumbuh di rentang 5,2-5,5 persen. pengungkit pertumbuhan di dorong dr sektor PHR dan industri pengolahan,” ungkapnya.

 

Meski pertumbuhan ekonominya cukup tinggi, namun pihaknya mengakui jika pertumbuhan kredit masih di bawah 10 persen, tidak seiring dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK). “Perbankan agak susah menyalurkan kreditnya, kemungkianan di tahun 2018 kondisi ini tidak akan berbeda jauh,” imbuhnya.

Terkait inflasi, Dudi memprediksi jika akhir bulan ini inflasi akan dipengaruhi sejumlah komoditi seperti cabai, tomat, dan beras. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar mengendalikan tingkat konsumsinya.

“Meski Bulog menyatakan bahwa stok beras aman, namun harganya tetap terganggu faktor cuaca. Untuk itu masyarakat harus lebih bijak dalam mengkonsumsi komoditi tertentu

Sementara itu, Plt. Kepala Grup Riset Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia,Retno Ponco Windarti, mengatakan, secara nasional ada sejumlah faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di tahun 2018. Selain momen Pilkada, momen Asian Games 2018 juga akan berpengaruh pada permintaan domestij, khsusunya konsumsi.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

“Investasi pemerintah dalam bentuk proyek-proyek infrastruktur tetap akan mewarnai pertumbuhan investasi ke depan, Ekspor diperkirakan akan tetap tumbuh namun melambat dibandingkan tahun ini, dengan struktur ekspor yang masih bertumpu pada komoditas,” ujar Retno.

Leave a Reply