Tanah Bangunan Longsor, Komisi A Sidak Perumahan Joyo Grand Inside

PolitikaMalang – Kasus tanah longsor di Perumaham Joyo Grand Inside yang menewaskan salah satu mahasiswi perguruan tinggi negeri di Kota Malang mendapat perhatian serius dari dewan.

Anggota Komisi A DPRD Kota Malang, Subur Triono, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi perumahan pada Selasa (14/11) siang. Subur memeriksa langsung kondisi perumahan yang masih tergolong baru itu.

Dari hasil pantauan, Subur menilai ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar tidak muncul kembali korban jiwa akibat longsor susulan. Menurutnya, perumahan itu dibangun di kawasan yang rawan tanah longsor.

“Biasanya kita sebut itu kawasan perengan, ya memang rawan longsor dan membahayakan,” kata Subur.

Lebih lanjut Subur melalui Komisi A DPRD Kota Malang akan melakukan pengecekan terhadap advice planning (AP) hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dokumen pembangunan perumahan akan disesuaikan dengan Perda Rencana Detil Tata Ruang Kota (RDTRK) Kecamatan Lowokwaru.

“Kita akan melihat apakah daerah itu memang kawasan untuk perumahan ataukah tidak,” ujar Subur.

Dalam waktu dekat, lanjut Subur, Komisi A akan memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Hadi Santoso, untuk dimintai klarifikasi perihal proses perizinan pembangunan perumahan tersebut.

“Saya lihat tadi ini masih ada pembangunan lagi disana. Apalagi cuaca saat ini sedang hujan deras dan rawan longsor susulan. Karena itu kita akan cek apakah benar pembangunan perumahan itu sesuai dengan proses yang berlaku ataukah ada aturan yang dilanggar,” bebernya.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

Leave a Reply