Tangkal Radikalisme, Ali Ahmad Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Pada Santri

PolitikaMalang – Maraknya isu radikalisasi di kalangan generasi muda direspon serius oleh berbagai kalangan, tak ketinggalan para legislator. Terbaru, anggota MPR RI, Ali Ahmad memberikan pemahaman nilai Pancasila dan kebangsaan kepada Santri Milenial di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu, (27/11/2019).

Dihadapan ratusan santri millenial yang antusias menyimak paparannya, Gus Ali Ahmad sapaan akrabnya menekankan bahwa ditengah maraknya isu radikalisasi, penting untuk terus menanamkan nilai Pancasila dan kebangsaan.

“Santri memiliki peranan penting pada era perjuangan yang merebut kemerdekaan dari penjajah. Sedangkan pada era sekarang, santri milenial diharapkan dapat meniru semangat santri pada era perjuangan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, spirit perjuangan pahlawan harus ditanamkan pada diri santri. Apalagi saat ini memasuki industri 4.0 yang perkembangan teknologi digitalisasi semakin pesat, santri harus mampu bersaing.

“Maka dari itu, santri pada era sekarang bisa disebut santri Milenial. Para santri milenial harus mengusung spirit perjuangan dari para pahlawan untuk berlomba-lomba meraih prestasi dalam berbagai bidang,” tuturnya.

Anggota DPR RI dapil Malang Raya ini menyebutkan, para santri Milenial juga bisa berprestasi dalam bidang pendidikan, kesehatan, pembagunan, olah-raga dan sebagainya.

“Banyak cara positif yang dapat dilakukan para santri Milenial untuk meraih prestasi. Asalkan mengusung spirit perjuangan dari para pahlawan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” urainya.

Menurutnya, pada era modern sekarang para santri Milenial memiliki tantangan berat, salah satunya soal radikalisasi. Disamping itu, juga rentan terhadap pengaruh negatif perkembangan teknologi digitalisasi.

“Apabila dimanfaatkan untuk hal positif, maka teknologi akan berguna dan menghasilkan sesuatu yang positif pula,” terangnya.

Gus Ali Ahmad melanjutkan, penanaman nilai kebangsaan ini adalah tugas bersama semua elemen anak bangsa, mulai dari sekolah hingga kehidupan sosial masyarakat.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Guru, Gus Ali Tekankan Ideologisasi sejak dini di Dunia Pendidikan

Leave a Reply