Tantangan Pembelajaran Daring, Dokter Umar: Masjid Bisa Jadi Solusi

PolitikaMalang – Efek pandemi virus corona atau Covid-19 yang berkepanjangan membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah formal ditiadakan. Para murid pun terpaksa harus belajar dari rumah dengan mengandalkan sistem daring atau online.

Kini Kebutuhan data Internet menjadi hal wajib bagi masing-masing murid. Namun, realitas di lapangan tak semua orang tua mampu menyediakan akses Internet untuk anaknya belajar di rumah, khususnya bagi mereka yang secara ekonomi terbilang lemah.

“Ini menjadi persoalan baru di masyarakat. Dengan tuntutan penggunaan media daring sebagai sarana pembelajaran, mau tidak mau membuat kebutuhan akses data Internet lebih besar dari biasanya. Sedangkan kita tahu itu (paket Internet) tidak murah,” ujar Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr. Umar Usman

Menurut, Pria yang dijuluki dokter rakyat ini, sudah seharusnya pemerintah tanggap dan bisa memberikan fasilitas layak bagi para murid di Kabupaten Malang. Umar Usman mengungkapkan, masalah pendidikan memang harus menjadi tanggung jawab bersama dan konsen dari pemerintah.

“Pemkab Malang sebagai pemangku kebijakan harusnya take action. Minimal bisa menyediakan akses WiFi gratis di tiap wilayah,” kata dia

Lanjutnya, Pemerintah bisa menggandeng penyedia jasa atau provider Internet untuk menyediakan WiFi gratis bagi mereka. Kata Umar Usman, WiFi gratis itu bisa disediakan di ruang – ruang publik seprti balai RW dan kantor kelurahan/desa.

Di samping itu, Umar Usman juga mengajak masjid – masjid di Kabupaten Malang yang punya kapasitas dan kemampuan lebih untuk memberikan fasilitas WiFi gratis khusus bagi murid. Selain memudahkan murid dalam mengakses pendidikan formal juga tidak lain untuk kembali mendekatkan anak-anak agar mencintai masjid.

“Ini momentum yang tepat untuk mengajak dan memperkenalkan anak-anak pada masjid. Bahwasanya di zaman Rasulullah SAW dulu masjid juga menjadi pusat pendidikan selain tempat ibadah bagi umat muslim. Ini juga membentuk anak-anak menjadi generasi yang tangguh dengan berakhlakul kharimah,” tukas pria yang digadang – gadang akan diusung PKB pada pilkada Malang 2020 ini.

Baca Juga :   Sambangi Ngajum, Bu Nyai Paparkan Program Pemberdayaan Masyarakat

Leave a Reply