Tingkatkan Daya Saing Global, Polinema Siap Go Internasional

PolitikaMalang – Malang (21/11/208) Sejak berdiri pada tahun 1982 hingga sekarang, Politeknik Negeri Malang terus berkembang dan semakin besar.

Di usia yang ke 36 Tahun, banyak sekali kemudahan yang telah kita raih melalui peningkatan yang signifikan, sebagai institusi.

Politeknik Negeri Malang telah mampu membuktikan diri sebagai lembaga penyelenggara pendidikan perguruan tinggi vokasi yang berkualitas,” ujar
Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setyawan usai mewisuda 3.325 Mahasiswa Diploma 2 hingga Diploma 4 minggu lalu.

“Hal ini dapat dilihat meningkatkan daya saing global, siap go internasional, Kualitasnya telah dibuktikan dengan mengukir berbagai prestasi akademik dan non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang tentunya sangat membanggakan bagi kita semua,”tambahnya.

Ditambahkan Awan, Penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, proses seleksi berlangsung lancar. Politeknik Negeri Malang tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak se Politeknik di seluruh Indonesia.

Hal ini menunjukkan pencapaian yang diperoleh selama lima tahun terakhir, secara berturut-turut menempatkan Politeknik Negeri Malang sebagai Politeknik yang paling banyak diminati. Besarnya keinginan pelajar untuk bisa kuliah di Politeknik Negeri Malang, dari total empat jalur seleksi masuk, yakni PMDK-PN, UMPN, UMPN Mandiri, dan Jalur Kerjasama, jumlah pendaftar mencapai 67.914 orang.

Dari seluruh mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa, yang dinyatakan lulus hanya 3.311 mahasiswa, yang memilih kuliah di 23 program studi di Politeknik Negeri Malang.

“Untuk meningkatkan daya saing global, siap go internasional, pada tahun ini kami menyelenggarakan kelas internasional di Program Studi Teknik Informatika dan Akuntansi Manajemen, dari mahasiswa berbagai negara yaitu dari Negara Sudan, Kenya, Madagaskar, Libya dan beberapa negara ASEAN,” sebut Awan.

Hal ini menunjukkan bahwa
Politeknik Negeri Malang adalah pendidikan tinggi nasional yang mewujudkan diri menjadi pendidikan tinggi internasional. Politeknik Negeri Malang ingin mencetak para lulusan yang berdaya saing dengan menambah dan memperkuat program kelas internasional.

Baca Juga :   David Lennon's 1965 Epiphone Casino

Program yang didesain dengan bahasa pengantar bahasa Inggris dan didalamnya terdapat mahasiswa internasional dari berbagai negara, diharapkan mencetak lulusan yang siap berprofesi di wilayah regional-global, atau bahkan lokal namun berorientasi global.

Untuk menghasilkan para mahasiswa dan lulusan yang profesional dan keilmuan regional-global dengan memberikan peluang bagi para mahasiswa mengikuti program pertukaran mahasiswa (student exchange).

Beberapa mitra universitas dunia, secara terbuka menerima mahasiswa untuk belajar di beberapa universitas mereka. Tujuannya adalah memberikan kesempatan bagi mereka menikmati iklim akademik dunia, sekaligus memotivasi untuk maju dan berkiprah di ranah regional-global.

Alumni Politeknik Negeri Malang Diploma III sebanyak 40 orang mendapat kesempatan mengikuti sosialisasi dan seleksi Program The Academia Industry Collaboration, kerjasamaTaiwan-Indonesia.

Sementara itu lanjut Direktur Polinema ini, Jumlah Dosen bergelar Doktor saat ini ada 64 orang, “jumlah doktor kami terbanyak se Politeknik di Indonesia, Dosen S2 sebanyak 327. Jumlah Dosen PNS 391 orang dan ditambah dengan beberapa dosen kontrak ataupun dosen luar biasa,”ungkap Awan.

Terus berkembangnya penambahan beberapa Program Studi baik DIII, DIV serta S2, dengan jumlah Jurusan 7 serta jumlah program studi 23.

Dalam waktu yang tidak begitu lama Program Studi Magister Terapan Akuntansi akan melengkapi juga Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Malang.

“Insya Allah tahun depan kami akan buka Program Studi baru yaitu Program Studi Teknologi Pertambangan, hasil kerjasama dengan beberapa BUMN Tambang yaitu PT. Inalum, PT. Bukit Asam, PT. Timah dan PT. Antam,” jelasnya.

Saat ini Polinema sedang menunggu proses visitasi akreditasi institusi, proses sudah berjalan sesuai ketentuan yang ada, Awan berharap hasil Visitasi Akreditas itu akan memberikan hasil terbaik bagi Politeknik Negeri Malang untuk meraih akreditasi unggul dengan nilai A.

Baca Juga :   Collage With Boulevard To help Blindness Cure

Pada tahun ini juga POLINEMA akan mengembangkan kampusnya di luar kota, yaitu tepatnya di kota Kediri. Dengan bergabungnya Politeknik Kediri menjadi PSDKU (Program Studi Di Kampus Utama) Politeknik Negeri Malang, dengan nama POLINEMA Kampus Kediri dengan 3 Program Studi yaitu Akuntansi, Manajemen Informatika dan Teknik Mesin. “Ke depan mudah-mudahan akan berkembang juga ke kota-kota lain yaitu POLINEMA
di Bojonegoro, Lumajang, Pamekasan dan Jepara, dengan alih status PDD menjadi PSDKU,” harap Awan.

“Bila PDD beralih status menjadi PSDKU maka jenjang yang ada nantinya bukan Diploma 2, tetapi menjadi jenjang Diploma 3 dan memungkinkan juga menjadi jenjang Diploma 4,”pungkas Awan Setyawan bersemangat.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply