Tingkatkan kesadaran Lingkungan Green Kampus Bebas Polusi, UB Programkan Car Free day

PolitikaMalang – Kawasan Kampus Universitas Brawijaya (UB) ada Hari Jum’at pagi tadi (30/11/2018) yang biasanya sudah ramai lalu lalang kendaraan mendadak sepi namun keramaian terpusat di seputar Bundaran Rektorat dan sisi kanan kiri jalan di penuhi para kumunitas hewan dan kuliner berjualan.

“Hari ini merupakan gelaran Car Free Day (CFD) perdana yang dilakukan UB,” kata kepala Humas dan kearsipan Universitas Brawijaya Kotok Gurito lokasi CFD.

Sebagai kampus yang terkenal dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia, Universitas Brawijaya (UB) terus mengupayakan peningkatan kesadaran lingkungan kepada seluruh civitas akademikanya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui program Car Free Day yang berlangsung setiap hari Jumat. Sesuai dengan namanya, di hari Jumat seluruh civitas akademika UB baik dosen maupun mahasiswa tidak diperkenankan membawa kendaraan pribadi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama sekaligus inisiator car Free Day (CFD) UB, Moch. Sasmito Djati menyampaikan, CFD kali ini merupakan gelaran perdana yang dilakukan UB. Adanya CFD tersebut sebagai bentuk tanggung jawab dari universitas dalam mendorong terciptanya green kampus dan bebas dari polusi.

“Program car free day di kampus ini, tentunya akan berdampak ketika orang masuk ke UB, mereka akan merasa nyaman karena green dan indah. Jadi ada suasana batin yang menyenangkan, apa lagi terdengan suara kicau burung,” kata Sasmito saat ditemui usai gelaran CFD, Jumat (30/11/2018).

Jumlah mahasiswa yang mencapai 65 ribu orang, lanjutnya, membuat kampus harus mengambil tindakan preventif sebelum terjadi polusi udara yang berlebihan. Karena secara logika, mayoritas mahasiswa UB selalu membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ke kampus.

Bila diambil setengah dari jumlah mahasiswa yang membawa kendaraan ke kampus, maka kurang lebih setiap harinya kurang lebih sekitar 33 ribu polusi udara dari kendaraan yang disumbangkan oleh UB sendiri. Jadi langkah CFD merupakan bagian dari pengurangan emisi gas buang dari kenderaan.

Baca Juga :   SANTORINI Accompanying Articles

“Salah satu indikator green campus ada di bidang transportasi yakni pengurangan emisi,” katanya.

CFD di UB sendiri berlangsung kurang lebih selama 6 jam yakni dimulai pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Seluruh civitas tidak diperkenankan untuk membawa kenderaan pribadi masuk ke UB.

“Ini akan menjadi program berkelanjutan untuk setiap hari Jum’at CFD berlangsung, jalannya kita tutup,” katanya singkat.

Selama CFD berlangsung, gelaran diisi dengan senam bersama para petinggi kampus mulai dari rektor, dekan hingga dosen dan tenaga pendidik.

“Diharapkan dengan adanya gelaran tersebut, mampu menciptakan iklim yang sejuk nan ASRI baik di Malang dan terkhususnya di UB,”pungkasnya. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply