UMKM Kota Malang Harus Naik Kelas

PolitikaMalang – Bertempat di Same Hotel Kota Malang pada hari Senin (23/10) telah dilaksanakan Pembinaan Kemampuan dan ketrampilan Kerja Masyarakat melalui Kegiatan Sertifikasi dan Uji Kompetensi (olah makanan) bagi usaha mikro serta Kegiatan Pembinaan Kemampuan dan Ketrampilan Kerja Bagi Usaha Mikro Masyarakatnya melalui Pelatihan Glass Painting.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau tahun anggaran 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Martha MRL Tobing.

Menurut Martha, Kegiatan Sertifikasi dan Uji Kompetensi (olah makanan) bagi usaha mikro tersebut diikuti oleh 60 orang peserta sedangkan Pelatihan Glass Painting diikuti oleh 50 orang peserta. “Karena kegiatan ini menggunakan dana Cukai maka keseluruhan peserta kegiatan kali ini adalah buruh pabrik yang masih aktif dari 9 pabrik rokok yang ada di Kota Malang” Jelas Martha.

Martha juga menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memunculkan wirausaha baru yang dapat memberikan keterampilan baru. “Nantinya jika mereka di PHK, maka mereka sudah memiliki keterampilan baru yang dapat dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri” tambah Martha.

“Dipilihnya glass painting dan olahan makanan karena kegiatan tersebut tidaklah ribet dilakukan serta kedua kegiatan tersebut masih sangat diminati oleh para buruh” tandasnya.

“Kedepan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang akan melaksanakan kegiatan lanjutan untuk mereka agar mendapatkan sertifikasi serta memberikan pengetahuan yang lebih jauh terkait bidang usaha nya masing-masing, karena kami juga menginginkan agar Usaha Mikro di Kota Malang makin meningkat melalui program UKM Naik Kelas” tutur Martha kemudian.

UKM Naik Kelas adalah program untuk meningkatkan dan memajukan kualitas UKM yang ada di Kota Malang agar dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat nasional atau bahkan di tingkat internasional. (Humas Pemkot Malang)

Baca Juga :   E - Commerce Antar Kota Malang Raih Indonesia Award 2020

Leave a Reply