Upaya Dispora Tumbuhkan Wirausaha Muda Kota Malang

PolitikaMalang – Kesadaran menumbuhkan wirausaha bagi kalangan muda Kota Malang ditangkap dengan baik oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora). Upaya memberdayakan serta meningkatkan terwujudnya pemuda yang kreatif, inovatif dan mandiri itu dilakukan dengan menggelar kegiatan pelatihan Multimedia.

Melalui Pelatihan Pemanfaatan Berbagai Aplikasi Multimedia diharapkan mampu mendongkrak bidang kewirausahaan bagi anak muda. Kegiatan positif ini dimulai pada 6 – 10 November 2017 di SMK PGRI 3 Kota Malang.

Kegiatan pelatihan Multimedia ini diikuti oleh 60 pemuda perwakilan dari 57 Kelurahan Kota Malang. Melalui kegiatan ini, diharap dapat menambah pengetahuan para peserta khususnya dibidang multimedia sekaligus mampu mengaplikasikannya.

Seluruh peserta diharapkan mampu untuk mendesain dan menguasai bidang multimedia lainnya sehingga mampu bergerak di bisnis online.

“Di Malang ini kan lebih banyak pengangguran yang terdidik. Jadi pas buat peluang untuk menjadi wirausaha muda” ujar Sekertaris Dispora Moch. Kharis

Dipilihnya SMK PGRI 3 Malang, karena perlengkapannya yang lengkap dan para peserta bisa langsung praktek . Sebelumnya, trainer menjelaskan tentang dasar-dasar photograpy dan design grafi.

Melalui materi multimedia yang diserap lewat pelatihan singkat ini, diharapkan para peserta memiliki pengetahuan tambahan, yakni mampu membuat kaos sablon atau sebagainya dan bisa membuka usaha melalui jasa fotografi.

“Saya yakin di Malang ini pemasarannya tidak sulit, karena pangsa pasarnya sudah ada. Kan banyak mahasiswa yang keluar masuk, jadi di Malang ini kalo untuk wirausaha tidak akan mati” ujar Kabid Pemberdayaan Pemuda, Widayati.

Para peserta yang tampak antusias mengikuti materi yang telah di sampaikan oleh Akbar Muhammad . Peserta juga di sediakan kamera SLR guna praktek tentang dasar-dasar photograpy yakni tentang pengenalan exposure, komposisi dan lainnya.

Baca Juga :   Perkuat Data Aset, Pemkot Malang Gandeng KPK

“Nanti kita akan berlatih design juga. Karena ini peluang, kan sebentar lagi ada pilkada serentak jadi bisa untuk peluang” ujar M. Kharis

Tidak hanya photograpy saja, materi yang di ajarkan juga ada design grafis . Yang dimana nantinya peserta akan belajar tentang mendesign kaos . Dan akan langsung memraktekkan sendiri untuk print kaos .

“Ya bersyukur ya di SMK PGRI 3 ini lengkap, kita pilih print kaos karena prosesnya yang cepat jadi ga memakan waktu seperti menyablon” ujar Koordinator Trainer, Akbar Muhammad

Leave a Reply