Usai PSBB, PKB Minta Pemkab Malang Siapkan Skema New Normal untuk Pesantren

PolitikaMalang – Jelang usainya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang yang juga anggota komisi XI DPR RI Ali Ahmad meminta Pemkab Malang segera menyiapkan skema tatanan normal baru (new normal) untuk pesantren. Dengan begitu, bukan hanya sektor ekonomi yang kembali bergeliat, kegiatan belajar mengajar di lingkungan pondok pesantren (ponpes) pun bisa dimulai.

”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang harus segera mengambil langkah konkret untuk memastikan para santri bisa kembali belajar,” ujarnya, kemarin (28/5).

Gus Ali-sapaan akrab Ali Ahmad- membeberkan, di Kabupaten Malang, total ada 244 pondok pesantren dengan ribuan santri-santriwati serta ratusan pengajar di dalamnya. Sejak pandemi korona, mereka menghentikan semua aktivitas. Para santri bahkan dipulangkan karena tidak ingin sistem kehidupan komunal di pesantren menjadi pusat penyebaran wabah virus corona (covid-19).

”Para wali santri sudah banyak yang meminta kepada para pengurus pesantren agar pembelajaran bisa dimulai kembali,” sambung dia.

Masih menurut Gus Ali, persiapan new normal pesantren bisa dilakukan pemkab dengan menyiapkan sarana dan prasarana sesuai dengan protokol kesehatan. Termasuk menyediakan tes masal bagi santri dan pengajar sebelum pembukaan pesantren. Juga, mensiagakan ketahanan ekonomi pesantren. Ini karena banyak sarana di pesantren yang kondisinya seadanya.

”Pemerintah bisa melakukan edukasi kepada kalangan pesantren. Dengan begitu, berbagai sarananya, mulai dari kamar mandi, tempat wudlu, kamar santri, hingga masjid memenuhi protokol kesehatan covid-19,” imbuhnya.

Dia juga mendesak agar pemkab tidak ragu-ragu mengalokasikan anggaran khusus untuk menunjang pembukaan kembali pesantren di Kabupaten Malang.

”Jangan sampai pesantren menjadi cluster baru penularan covid-19. Penyediaan rapid test, tempat cuci tangan lengkap dengan hand sanitizer juga sangat penting,” kata dia.

Dengan terus naiknya jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Malang, Gus Ali berharap Pemkab Malang lebih serius lagi dalam penanganan Covid-19 dan semua masalah yang dianggap belum memenuhi standart protrokol kesehatan bisa segera diatasi.

Baca Juga :   Mantan Menteri dan Artis Ajak Milenial Malang Menangkan Paslon LADUB

Leave a Reply