Wacana Maju Independen, Anas: Anton Ingin Menghindari Politik Transaksional

PolitikaMalang – Bakal kandidat petahana H. Moch Anton mengeluarkan pernyataan kontroversial. Ia mengancam akan maju untuk Pilkada Kota Malang melalui jalur independen. Hal ini dilakukan karena partainya yakni PKB kurang greget dalam melakukan manuver politik. Padahal, untuk mengusung pasangan calon partai tersebut harus berkoalisi sebab perysaratan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang minimal harus partai atau koalisi partai harus berjumlah 9 kursi.

Melihat langkah politik Anton itu, sejumlah pihak mulai mengarahkan perhatiannya. Salah satunya yakni Direktur Hasta Komunika Resreach and Consulting, Muhammad Anas Muttaqin, menilia jika apa yang diucapkan Anton adalah hal yang wajar, karena sebagai kandidat, pria yang kini menjabat Wali Kota Malang itu sedang gencar “diburu” oleh partai politik. Anas menggambarkan bahwa hal tersebut adalah susasana kebatinan yang sedang dirasakan Anton sebagai petahana.

“Diakui atau tidak, realitas politik demokrasi kita hari ini tak bisa lepas dari apa yang disebut dengan mahar politik. Posisi Abah Anton saat ini merupakan kandidat yang kuat, sehingga membuat parpol berupaya mengusung dia salah satunya dengan syarat mahar politik,” kata Anas Muttaqin.

Ia menambahkan, wacana Anton maju dari jalur independen menyiratkan pesan, jika sesungguhnya dukungan riil untuk pilkada ada pada masyarakat utamanya yang memiliki hak pilih dalam pilkada. “Abah Anton saya kira ingin menyampaikan hal itu,” tukasnya.

Pria ramah itu juga mengatakan, ungkapan Anton itu bisa jadi juga bagian dari strategi politik dari Anton jelang pilkada tahun depan. Kendati begitu, lanjut Anas, jika Anton akan maju melalui jalur partai politik, tetap menjadi pilihan terbaik daripada maju independen.

“Pemerintah atau eksekutif juga harus didukung oleh parlemen yang ada di DPRD Kota Malang. Jika wali kota terpilih mendatang tidak punya dukungan di legislatif bisa berpotensi mengganggu jalannya pemerintahan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Wie man Spielautomaten-Spiele kostenlos spielt

Bahkan, menurut penilaian Anas, beberapa partai politik nantinya akan tetap mengusung Abah Anton untuk maju dalam pilkada, karena faktor popularitas dan elektabilitasnya yang cukup tinggi. “Sebagai petahana yang dinilai cukup berprestasi saya kira Abah Anton akan tetap jadi opsi utama partai politik untuk diusung minimal digandeng untuk koalisi. Karena bicara realitas politik siapa yang punya popularitas dan elektabilitas akan jadi pertimbangan partai dan Abah Anton punya itu,” pungkasnya.⁠⁠⁠⁠

Leave a Reply