Opini WTP dan Integritas Pengelolaan Keuangan Pemkot Malang

PolitikaMalang – Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Pemerintah Kota Malang, tahun 2016. Tercatat Kota Malang sudah sebanyak 6 kali meraih opini tertinggi dalam bidang pengelolaan keuangan, hal itu sekaligus menjadi bukti akan integritas Pemkot Malang dalam bidang tersebut selama ini.

Wali Kota Malang, H. Moch Anton mengatakan pemberian opini WTP dari BPK merupakan amanah yang harus dipegang oleh pemerintah dalam menjalankan keuangan daerah secara akuntabel dan transparan di masa mendatang. Karenanya, perlu komitmen yang kuat di kalangan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang dalam menjalankan keuangan daerah secara baik dan sesuai aturan.

Abah Anton, juga mengaku salut atas sikap profesional BPK yang memberikan opini WTP kepada daerah. Hal ini menunjukkan jika penilaian yang dilakukan benar-benar objektif, sehingga dari titik inilah Wali Kota Malang menguatkan komitmen akan pengawasan keuangan daerah yang lebih akuntabel pada tahun-tahun mendatang.

Sistem keuangan berbasis akrual mensyaratkan pemerintah daerah untuk lebih terbuka dalam proses pengelolaan keuangan, dimana hal ini berbeda dengan sistem keuangan berbasis kas yang diterapkan sebelumnya. Dalam penggunaan sistem berbasis akrual ini, tercatat Kota Malang sudah dua kali berturut-turut menerima opini WTP tersebut sehingga makin menguatkan integritas pemerintah dalam menghadirkan pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel.

Anggota DPRD Kota Malang, Mulyanto, menganggap raihan opini WTP ini sebagai prestasi yang baik yang ditorehkan Pemkot Malang dalam hal pengelolaan keuangan sangat patut diapresiasi. Menurutnya, prestasi tersebut sudah hal yang wajar karena secara administratif, kinerja dalam laporan keuangan sudah sangat baik.

“BPK sendiri dalam menjalankan tugasnya sangat dapat dipertanggungjawabkan, sehingga prestasi ini sangat patut diapresiasi. DPRD yang memiliki fungsi kontrol juga berperan dalam perwujudan opini WTP tersebut,” kata Mulyanto.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Malang itu juga berpesan agar prestasi positif ini bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang, sehingga pemerintah selalu berusaha menyampaikan laporan keuangan secara akuntabel dan terbuka kepada masyarakat Kota Malang.

“Harapannya agar prestasi ini bisa diukir kembali di tahun-tahun mendatang dan kami optimis akan hal itu,” pesan Mulyanto

Leave a Reply