Sidak Pasar, Pj Wali Kota Malang Instruksikan Gelar Operasi Pasar

Pj. Wali Kota Malang melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional. (Foto:Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Menindaklanjuti arahan Presiden terkait pengendalian inflasi serta harga dan stok ketersediaan bahan pokok. Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat bersama jajaran perangkat daerah dan instansi terkait melakukan sidak ke Pasar Bunul dan Pasar Oro-oro Dowo, Kamis (2/11/2023).

Setibanya di kedua pasar itu, Wahyu langsung menyasar beberapa pedagang bahan kebutuhan pokok. Sekaligus berdialog dengan para pedagang dan menggali informasi fluktuasi harga serta ketersediaan bahan yang ada.

Ditemui usai melakukan sidak di Pasar Bunul, Wahyu mengatakan, sampai saat ini kondisi ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok relatif aman. Demikian juga dengan harga yang relatif stabil meskipun sedikit ada fluktuasi harga.

Iklan

Menurutnya, kondisi ini masih dalam kewajaran tetapi tetap perlu ada antisipasi yang harus dilakukan khususnya harga gula yang mengalami kenaikan.

“Saya perlu untuk segera memastikan bagaimana ketersediaan bahan dan harga. Semua relatif aman, hanya harga gula yang mengalami kenaikan, kisarannya 500 sampai 1.500 per kilo. Ini tetap perlu kita antisipasi agar bisa normal kembali,” ujarnya.

Pj Wali Kota Malang pastikan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar. (Foto: Ist/politikamalang)

Mendapati kondisi ini, Wahyu lantas mengaku sudah menyiapkan langkah antisipatif. Salah satunya dengan segera menggelar operasi pasar.

“Saya sudah menginstruksikan Dinas Kopindag, Bagian Pisda dan Bulog untuk segera menggelar operasi pasar di 5 (lima) kecamatan di Kota Malang,” tuturnya.

Wahyu juga menambahkan terkait dengan ketersediaan stok gula, dirinya akan berkomunikasi dengan PG. Kebonagung. Harapannya dengan tambahan sokongan stok yang tersedia dari pabrik gula tersebut, akan membantu menormalkan harga gula di pasaran. Sehingga tidak ada fluktuasi harga yang berlebihan dan mampu dijangkau masyarakat.

“Saya juga akan komunikasi dengan Pabrik gula Kebonagung untuk membantu ketersediaan stok gula. diharapkan ini bisa membantu menormalkan harga jadi bisa terjangkau oleh masyarakat, jangan sampai ada fluktuasi harga yang berlebihan,” ucap Wahyu.

Wahyu juga menegaskan, dirinya beserta jajaran terkait akan terus berupaya mengendalikan harga dan ketersediaan stok di pasar demi menjaga terkendali nya inflasi di Kota Malang.

“Ini akan jadi komitmen yang akan terus saya bangun, komunikasi ini akan saya lakukan dengan terus datang di lapangan dan memastikan kondisi. Aaya berupaya agar pemerintah dapat memberikan rasa tenang dan ayom kepada masyarakat khususnya terkait dengan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok,” pungkasnya.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi