Bawaslu Kota Batu Apresiasi Partisipasi MAPPILU Malang Raya Awasi Pelaksanaan Pemilu

Politikamalang
MAPPILU Malang Raya siap awasi pelaksanaan Pemilu di Kota Batu. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Batu, Masyarakat dan Pers Pengawas Pemilu (Mappilu) PWI Malang Raya mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu. Untuk mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilu 2024, Senin (29/5/2023).

Kedatangan Mappilu PWI Malang Raya ini diapresiasi langsung Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman. Di hadapan anggota Mappilu, Ketua Bawaslu Kota Batu menyebutkan, kehadiran Mappilu membuat pihaknya merasa tidak sendirian dalam melakukan tugas pengawasan.

“Kami mengapresiasi kehadiran Mappilu PWI Malang Raya di Kota Batu. Dengan begitu Bawaslu Kota Batu tidak sendirian dalam menegakan aturan mengenai Pemilu,” ujarnya.

Iklan

Rochman, sapaan akrabnya menyebutkan, pemantau Pemilu berkewajiban untuk melindungi hak pilih setiap warga negara. Disebutkan, di Kota Batu sendirian tercacat ada 433 calon legislatif (Caleg) dengan jumlah 18 Parpol yang terdaftar. Sedangkan jumlah kursi wakil rakyat yang diperebutkan para Caleg ini sebanyak 30 kursi.

“Lewat partisipasif dari Media, segala sesuatu yang viral di Medsos dapat diimbangi serta diluruskan. Saat mengawasi pelaksanaan Pemilu, media dapat membuat berita berimbang dan tidak tebang pilih,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Ir Cahyono menyebutkan, jika langkah pendaftaran Mappilu ke Bawaslu Kota Batu adalah sebuah langkah antisipasi kerawanan. Di antaranya potensi gesekan antar masyarakat.

Mappilu sendiri lanjut Cahyono merupakan salah satu lembaga pengawas dari unsur wartawan yang diakui Pemerintah untuk memantau Pemilu. Jika tidak ada kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Bawaslu, dikhawatirkan akan menimbulkan kerancuan.

“Jagalah marwah PWI, jangan sampai tercoreng. Tugas Mappilu adalah untuk membantu Pemerintah, agar Pemilu tahun depan berjalan sukses dan damai,” harapnya.

Senada, Ketua Mappilu PWI Malang Raya, Muhaimin membeberkan, pendaftaran Mappilu Batu ini guna mengakomodir masing-masing wilayah kerja PWI Malang Raya. Dimana organisasi wartawan ini telah membagi anggota ke tiga wilayah, yakni Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang.

“Bawaslu Kota Batu merupakan mitra strategis dalam ruang lingkup pengawasan Pemilu mendatang,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi