Berlangsung Meriah, Gebyar Hari Jadi ke-77 Jawa Timur “Optimis Jatim Bangkit”

Politikamalang
Penyerahan hadiah jalan sehat. (Foto:Agus N/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Gebyar hari jadi ke-77 Jawa Timur yang digelar di Bakorwil III Malang berlangsung meriah. Sejumlah rangkaian kegiatan dan pelayanan publik dihadirkan untuk memeriahkan gelaran yang berlangsung selama dua hari (29-30 Oktober 2022).

Mulai dari jalan sehat, pasar pangan murah, bazar UMKM, pameran talenta SMA) SMK, hingga layanan implementasi program Optimis Jatim Bangkit.

Politikamalang
Pasar pangan murah Gebyar Hari Jadi ke-77 Jatim. (Foto: Agus N/politikamalang)

Asisten 1 Pemprov Jawa Timur, Benny Sampirwanto, menyampaikan, agenda acara Peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur ini berfokus pada upaya Pemprov Jatim dalam memberikan pelayanan. Untuk membantu masyarakat miskin dan rentan miskin dari dampak inflasi akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Iklan

“Melalui pemberian bantalan ekonomi dan sosial sebagai bagian dari Program Perlindungan Sosial Provinsi Jawa Timur,” sebutnya, Minggu (30/10/2022).

Lebih lanjut Benny juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Bakorwil Malang yang telah memfasilitasi kegiatan Gebyar hari jadi ke-77 Jatim. Menurutnya, kegiatan semacam ini memiliki banyak manfaat.

Baik dari sisi ekonomi, dimana para penjual bisa menjual produknya lebih banyak. Kemudian dari sisi budaya ini mendekatkan antar masyarakat dengan Bakorwil antar lingkup Bakorwil ini.

“Oleh karena itu mewakili Gubernur saya sampaikan apresiasi kepada Kepala Bakorwil. Kegiatan semacam ini juga diselenggarakan di empat Bakorwil lainnya,” jelas Benny.

Sementara itu, Kepala Bakorwil Malang, Budi Sarwoto menyampaikan, antusiasme dari masyarakat luar biasa. Di tengah kondisi mereka terbebani oleh kenaikan harga BBM, mereka merasa sangat terbantu dengan kehadiran pasar murah berkualitas dalam acara ini.

Demikian juga para pelaku UMKM, mereka diberdayakan ekonominya pasca pandemi. Harapannya mereka bisa ikut mendukung upaya untuk memulihkan ekonomi.

Politikamalang
Asisten I Pemprov Jatim bersama Kepala Bakorwil III Malang. (Foto: Agus N/politikamalang)

Disebutkan, sesuai dengan tema Peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, yaitu Optimis Jatim Bangkit maka acara rangkaian hari jadi di Bakorwil III Malang kali ini disemangati oleh 4 rasa optimisme.

“Optimis Bangkit dalam Pemulihan Ekonomi.
Optimis Bangkit dalam Ketenagakerjaan.
Optimis Bangkit dalam Pengentasan Kemiskinan. Serta optimis Bangkit dalam Pembangunan manusia,” ungkapnya.

Karena itu lanjut Budi, dalam agenda Gebyar ini turut dihadirkan layanan kesehatan gratis, layanan dari dinas ketenagakerjaan, ada layanan dari dinas sosial berupa pijat gratis. Kemudian ada juga layanan servis motor gratis dari SMK 1 Muhammadiyah. Termasuk pelayanan administrasi kependudukan berupa perekaman e-KTP bagus siswa SMA dan SMK dari Dispendukcapil,” tandasnya.

ada dari dinas kependudukan dan catatan sipil gratis untuk para pelajar SMA dan SMK.

“Jadi ini semua bagian dari optimis Jatim Bangkit Yang diharapkan oleh Ibu Gubernur mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Dan terkhususnya adalah untuk mengurangi beban enomi akibat kenaikan harga BBM,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Bakorwil III Malang juga turut melibatkan para pelajar untuk mengikuti kompetisi bandung antar pelajar SMA/SMK yang diikuti 30 band. Kemudian juga ada lomba fashio dengan menggunakan baju bekas dengan harapan lebih ke arah peduli lingkungan.

“Teman-teman disabilitas juga kita libatkan untuk memberikan layanan pijat gratis. Sebagai bentuk pemberdayaan dan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana kita menghargai mereka. ” Mereka bukan untuk dikasihani, tapi mereka bisa diberdayakan,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi