Bidang Pembangunan & Pemberdayaan Desa HMI Cabang Malang Serahkan Dokumen Modul Pengempangan Pariwisata Desa Hijau Kepada DPRD Kota Batu

Politikamalang
Penyerahan Simbolis Modul Pengembangan Pariwisata Desa Hijau dan Disaksikan oleh Perkawilan Jaringan BUMDES dan FORDEWI (Forum Desa Wisata) se-Kota Batu. (Foto:Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Batu, Sukses menyelenggarakan 𝐖𝐨𝐫𝐤𝐬𝐡𝐨𝐩 𝐓𝐚𝐭𝐚 𝐊𝐞𝐥𝐨𝐥𝐚 & 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐏𝐚𝐫𝐢𝐰𝐢𝐬𝐚𝐭𝐚 𝐃𝐞𝐬𝐚 𝐇𝐢𝐣𝐚𝐮 𝐁𝐞𝐫𝐤𝐞𝐥𝐚𝐧𝐣𝐮𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐄𝐤𝐨𝐧𝐨𝐦𝐢 𝐋𝐨𝐤𝐚𝐥 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐃𝐞𝐬𝐚, Bidang Pembangunan & Pemberdayaan Desa (Read: PPDesa) HMI Cabang Malang menyerahkan secara simbolis Dokumen Modul Pengembangan Pariwisata Desa Hijau kepada DPRD Kota Batu. Penyerahan secara simbolik ini dilakukan oleh Ketua Bidang PPDesa HMI Cabang Malang kepada DPRD Kota Batu yang diwakili oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Batu, Ibu Hj. Dewi Kartika, ST.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak dibuka pada tanggal 3 dan ditutup ditanggal 5 November 2023 ini melibatkan jaringan BUMDES dari perwakilan 19 Desa serta FORDEWI (Forum Desa Wisata) se-Kota Batu. Selama berlangsungnya kegiatan ini, Bidang PPDesa HMI Cabang Malang berkonsentrasi untuk mentabulasi segala bentuk potensi, peluang, hambatan, serta tantangan yang dihadapi oleh masing-masing Desa di Kota Batu. Tabulasi data tersebut kemudian akan menjadi bahan dasar bagi Bidang PPDesa HMI Cabang Malang untuk secara serius berkonsentrasi pada isu-isu strategis dalam membangun pariwisata disetiap Desa se-Kota Batu.

“Sudah waktunya untuk kami berbicara terkait peran strategis kelompok sipil, khususnya dari golongan mahasiswa terkait keterlibatan dan andil nyata dalam kehidupan bermasyarakat. Kami sadar penuh bahwasannya di HMI kami dibatasi oleh periodisasi. Oleh karenanya, agar agenda ini tidak menjadi sebatas agenda seremonial, maka kami akan mempertimbangkan langkah-langkah strategis sebagai upaya tindak lanjut dari agenda ini.” ujar Andi Pratama (Kabid PPDesa HMI Cabang Malang).

Iklan

Kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemendes PDTT ini ialah kegiatan yang menjadi fondasi dasar dan pijakan awal untuk selanjutnya dapat direalisasikan dalam langkah konkret terkait pembangunan pariwisata di Desa-Desa se-Kota Batu.

Sebagai bentuk langkah konkret dan strategis, Bidang PPDesa melalui Ketua Bidang PPDesa HMI Cabang Malang kedepannya akan menandatangi MoU (Memorable of Understanding) bersama dengan Imadaya Sulu Nusantara sebagai NGO yang berkonsentrasi pada isu Desa untuk realisasi tindak lanjut program ini.

Dalam hal ini, Andi Pratama sebagai Ketua Bidang PPDesa HMI Cabang Malang periode 2022-2023 akan didapuk sebagai koordinator proyek tindak lanjut dari kegiatan ini. Adapun beberapa program dan proyek yang akan dieksekusi sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan ini ialah Proyek Optimasi BUMDES sebagai bentuk kerja sama antara Imadaya Sulu Nusantara, Jelajah Kampung, dan Bidang PPDesa HMI Cabang Malang, serta implementasi Modul Pengembangan Pariwisata Desa Hijau yang sebelumnya telah dibuat dan dilaunching pada kegiatan ini oleh Bidang PPDesa HMI Cabang Malang. (Lukman)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi