Arus Lalu Lintas di Buk Gluduk Kota Malang Kembali Dua Arah

Politikamalang
Arus Lalu Lintas di Buk Gluduk Kota Malang. (Foto: Ist)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Rekayasa arus lalu lintas di Jalan Untung Suropati Utara Kota Malang ( pertigaan STMJ ) dikembalikan menjadi dua arah. Setelah sebelumnya, selama kurang lebih 4 bulan lamanya ruas jalan tersebut berjalan satu arah.

Sebagai informasi, sebelumnya rekayasa arus lalu lintas di ruas jalan tersebut dilakukan dengan memberlakukan satu arah. Yakni kendaraan hanya diperbolehkan mengarah ke barat.

Selain kendaraan tidak boleh melaju ke arah timur, kendaraan yang dari arah selatan atau dari arah Jalan Panglima Sudirman, tidak boleh berbelok ke arah kanan. Begitu juga dari arah utara atau dari Jalan Panglima Sudirman.

Iklan

“Iyaa memang setelah dievaluasi, akhirnya disepakati oleh berbagai pihak,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Kamis (11/1/2024).

Menurut Jaya sapaan akrabnya, sebenarnya ada dampak yang dirasakan dari penerapan arus satu arah di Jalan Untung Suropati Utara itu. Meskipun dampak yang muncul tidak signifikan.

“Setelah kami evaluasi, dampaknya (berkurangnya derajat kejenuhan) hanya 0,1,” jelasnya.

Namun demikian, Jaya menolak jika kebijakan tersebut disebut kegagalan. Menurutnya, dalam penerapannya memang harus ada kajian yang lebih mendalam. Apalagi dalam praktiknya, ada beberapa hal yang menjadi evaluasi.

“Kesadaran masyarakat masih belum bagus ya. Artinya saat skema satu arah kami terapkan, itu masih banyak pengendara yang nekat lawan arus. Padahal sudah kita pasang barrier, tapi diterobos. Ini kan bahaya,” sebutnya.

Selain itu, menurutnya juga muncul masalah baru. Yakni banyak pengendara yang melintas dan memotong arus di bawah rel kereta api. Tepatnya dari Jalan Simpang Trunojoyo menuju ke Jalan Untung Suropati Selatan.

“Jadi banyak yang menyeberang disitu menuju ke Lapangan Alap-Alap. Makin banyak, pengendara menganggap itu jalan pintas yang masih diperbolehkan. Daripada harus berputar melalui simpang empat Rampal,” terang Jaya.

Sedangkan untuk selanjutnya, pihaknya masih akan melakukan evaluasi atas skema tersebut. “Yang tetap tidak boleh, dari arah Jalan Untung Suropati Utara tidak boleh langsung berbelok ke kanan ke arah utara,” pungkasnya.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi