Lestarikan Budaya, Tari Topeng Malangan Meriahkan Pembukaan Rakerda DPD PKS Kota Malang

Politikamalang
Pembukaan rakerda DPD PKS Kota Malang turut melestarikan budaya tari topeng malangan. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

PolitikamalangKota Malang, Isu Budaya dan agama, sejatinya bukanlah dua hal yang harus dipisahkan. Budaya dan agama bisa berjalan beriringan memberi ruh dan nafas yang baik bagi jiwa. Selama keduanya ditempatkan pada tempat yang sesuai.

Karena itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui
Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto DJoko, tergerak untuk turut melestarik budaya. Khususnya budaya tradisional asli Malang.

“Sebagai generasi penerus, sudah seharusnya kita ikut melestarikan budaya asli Indonesia agar tidak punah,” ujarnya, Sabtu (12/3/2022).

Apalagi setiap putra putri Indonesia dari Sabang sampai Merauke, terlahir di negeri yang kaya akan keragaman budaya dalam bingkai bhineka tunggal ika. Sehingga budaya adalah bagian persatuan dan kesatuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jadi budaya memang harus dirawat, dijaga, dikembangkan, dan dilestarikan sehingga senantiasa sejalan dan serasi. Baik dalam kehidupan sosial, beragama, bahkan berpolitik,” tuturnya.

Sebab itu, sebagai bentuk pelestarian budaya, DPD PKS Kota Malang kerap menampilkan pertunjukkan seni budaya tradisi dalam membuka berbagai kegiatan.

“Hari ini bertempat di gedung DPRD Kota Malang, PKS Kota Malang melaksanakan serangkaian kegiatan pembukaan RAKERDA (Rapat Kerja Daerah) tahun 2022. Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh penampilan Tari Topeng yang merupakan salah satu budaya khas Kota Malang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tari Topeng Malangan,” ungkapnya.

Dijelaskan, Tari Topeng merupakan tarian yang mengharuskan penari memakai topeng karakter. Topeng topeng ini adalah karakter tertentu yang harus dijiwai oleh para penari.

Sebagaimana kita dalam keseharian, dituntut untuk mendalami karakter-karakter yang bisa saja berbeda dari diri kita. Namun karakter itu haruslah kita miliki untuk menjadikan kita pribadi yang bertransformasi, lebih baik, dan lebih bisa berkolaborasi dengan banyak elemen agar bisa semakin bermanfaat.

Karakter pribadi yang harus kita dalami salah satunya karakter sosial, religius, berbudi pekerti luhur, dan karakter-karakter baik lainnya yang membangun hubungan baik dengan Allah swt, dengan sesama manusia, dan dengan lingkungan.

“Segala sesuatu harus senantiasa menuju ke arah yang lebih baik. Baik keluarga, partai, dan juga kota Malang yang lebih baik. Insyaallah kita akan bisa mencapai bahkan melampaui target-target baik kita.” Pungkas Ernanto DJoko, Ketua DPD PKS Kota Malang. (Agus N)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Disarankan

Regional

Pilihan

Informasi

%d blogger menyukai ini: