POLINEMA Dorong Lulusannya Jadi Entrepreneur Muda Berkompeten

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Malang, Dimasa pandemi menuju new normal, Politeknik Negeri Malang ( POLINEMA) terus berinovasi untuk mencetak lulusannya untuk bisa terjun di dunia Wirausaha dan menjadi Entrepreneur Muda Berkompeten di bidang keilmuannya.

Hal ini disampaikan Pembantu Direktur IV Bidang Kerjasama Ratih Indri Hapsari, ST., MT., Ph.D usai Pengesahan dan penandatanganan MoU dan SPK Kerjasama Politeknik negeri Malang dengan mitra Program Dunia usaha dan dunia Industri, Selasa ( 14/12/21) di Hotel Haris Malang.

Upaya mencetak mahasiswa menjadi lulusan yang bersertifikasi kompeten POLINEMA melakukan kerjasama kali ini melibatkan 11 DUDI.

Iklan

“Ke depan, ini nanti akan bertambah lagi. Di luar program ini, ada banyak mitra yang telah menjalin kerjasama,” tuturnya.

Ratih mengatakan, kegiatan ini merupakan program penguatan ekosistem kewirausahaan perguruan tinggi vokasi (PTPPV) dimana Polinema menerima hibah dari Kemendikbud-Ristek untuk menjalankan program ini dengan tujuan memperkuat ekonomi atau atmosfer wirausaha di kampus.

Saat ditanya mengapa mahasiswa tetap harus memiliki semangat wirausaha? Ia membeberkan bahwa mahasiswa tidak hanya memiliki cita-cita sebagai wirausaha tapi juga semangat untuk tangguh, berjuang keras, dan mampu memanfaatkan peluang.

“Itu lah mental yang terus kita tanamkan ke mahasiswa untuk menciptakan mahasiswa yang unggul dan berdaya saing,” jelasnya.

Untuk mencapai itu semua, Polinema mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti mata kuliah kewirausahaan di masing-masing program studi.

Selain tertuang dalam mata kuliah, mahasiswa juga bisa ikut seleksi dalam program training kewirausahaan. Ada pula perlombaan di bidang kewirausahaan.

“Kami juga ada magang kewirausahaan, pengembangan SDM, pelatihan dan pemberian sertifikasi untuk mahasiswa,” imbuhnya.

Ratih bersyukur sebab alumni tetap kompak dalam membantu dan mendukung visi misi Polinema. Dari 11 mitra DUDI yang menjalin kerjasama ini, kata Ratih, didominasi oleh perusahaan di bidang Desain Komunikasi Visual, Digital Printing dan lainnya.

“Usaha kreatif itu sebenarnya mahasiswa kami mampu tapi motivasi dan rasa percaya dirinya perlu didorong terus,” terangnya.

Ketua Entrepreneurship Training Unit (ETU) Polinema Dr. Dra. Anik Kusmintarti,MM.

Senada, Ketua Entrepreneurship Training Unit (ETU) Polinema Dr. Dra. Anik Kusmintarti, MM menambahkan bahwa unit ini untuk merealisasikan ide bisnis mahasiswa menjadi nyata.

“Peran kami mengelola program mahasiswa wirausaha (PMW). Tahun 2021 ada program yaitu penguatan ekosistem kewirausahaan. Harapannya bisa mencapai target menjadikan mahasiswa sebagai mental wirausaha,” ujarnya.

Ruang lingkup kerjasama Mitra DUDI dengan Polinema ini di antaranya menjadi tempat magang mahasiswa MBKM, dan praktek wirausaha para mahasiswa. Selain itu, pada alumni atau pengusaha yang telah berhasil dalam bisnisnya dapat berbagi cerita kesuksesan mereka.

Pengesahan dan penandatanganan MoU dan SPK Kerjasama Politeknik negeri Malang dengan mitra Program Dunia usaha dan dunia Industri hari ini dilaksanakan secara Luring dan Daring. (Djoko Winahyu)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi