Lewat Jarik Ma Siti, Pemkot Malang Raih Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2023

Pemkot Malang Raih Penghargaan Pelayanan Publik 2023. (Foto: Ist/politikamalang)
Pemkot Malang Raih Penghargaan Pelayanan Publik 2023. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Pemerintah Kota Malang menerima piala dan piagam penghargaan pelayanan publik tahun 2023 atas inovasi metode pendidikan inklusi Jarik Ma Siti. Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas kepada Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Wahyu optimis bahwa lewat Jarik Ma Siti dan sederet inovasi lainnya yang telah dirasakan langsung kelompok rentan, Kota Malang mampu mewujudkan ekosistem perkotaan yang semakin inklusif.

“Penghargaan ini juga menguatkan kita, Kota Malang sebagai kota inklusi. Karena dengan penghargaan yang diraih sebelumnya yang memang terkait (layanan) disabilitas”, terang Wahyu usai acara.

Iklan

Penjabat Wali Kota yang berlatar belakang pendidikan dan pengalaman tata kota tersebut paham betul pendekatan pembangunan inklusif memiliki relasi strategis merangkul semua pihak. Dalam mengurangi jumlah penduduk miskin melalui kesempatan kerja, akses terhadap kesempatan ekonomi dan jaring pengaman sosial. 

“Harapan saya, penghargaan ini menjadi bukti bahwa ada perhatian, pemerintah hadir disana. Dan tidak membeda-bedakan antara yang umum dan disabilitas”, tambahnya.

Pj. Wali Kota dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menerima penghargaan Pelayanan Publik 2023. (Foto: Ist/Politikamalang)
Pj. Wali Kota dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menerima penghargaan Pelayanan Publik 2023. (Foto: Ist/Politikamalang)

Raihan prestasi Jarik Ma Siti sebagai Top 45 Inovasi Nasional 2023 sekaligus menjadi episode terkini dari sederet terobosan inklusif sebelumnya.

Diantaranya inovasi layanan bagi difabel netra (BREXIT) di puskesmas, layanan pojok braille perpustakaan, dokumen kependudukan braille, dan layanan inklusi braille (Libra) untuk berbagai perizinan.

Benang merah dari berbagai layanan inklusif tersebut adalah kolaborasi peran para pihak. Kusiyah, mewakili para tenaga pendidik yang tergabung dalam tim inovator Jarik Ma Siti mengamini bahwa keberhasilan inovasinya tidak lepas dari peran serta banyak pihak

“Alhamdulillah, kami bersyukur. prestasi jarik ma siti buat kami adalah prestasi dan motivasi bersama. Terimakasih untuk semua dukungan. Dan kami siap untuk terus memberikan pelayanan terbaik untuk semua siswa, reguler dan istimewa”, ujar perempuan berhijab tersebut.

Secara khusus Menteri PANRB turut menitipkan harapan pada Kota Malang untuk terus berinovasi pada sisi-sisi yang memberi dampak nyata pada empat agenda prioritas nasional.

“Inovatif, kreatif. Tapi yang paling penting adalah bagaimana pelayanan berdampak, menurunkan kemiskinan, meningkatkan investasi, belanja di katalog (lokal) meningkat. Dan digitalisasinya juga jalan”, pesan Anas.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi