Walikota malang; Kuatkan Roadmap Ekonomi Kreatif Malang Mendunia

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Politikamalang – Malang, Pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang merupakan salah satu program dari visi misi Walikota Malang yang ingin dicapai dan dapat terus berkembang di masa yang akan datang.

Di era kepemimpinannya, mulai awal periode kerja di tahun 2018, Walikota Malang yang akrab disapa Sam sutiaji ini sangat serius dalam menjawab tuntutan di era digitalisasi dengan program-program yang dapat mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Ekonomi Kreatif merupakan sumber daya terbarukan dan memiliki potensi yang luar biasa apabila dapat dikelola dengan baik.

Perjalanan perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang dewasa ini sudah mulai nampak dengan semakin banyaknya start-up khususnya sub sektor aplikasi dan game.

Tentunya hal ini menjadi langkah awal yang baik dan menjadi penegasan bahwa komitmen Pemerintah Kota Malang harus lebih dikuatkan serta dapat menjadi stimulus dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang khususnya sub sektor aplikasi dan game.

“Sampai dengan saat ini, ada sekitar 128 pelaku start-up yang memiliki perusahaan. Oleh karena itu, di tahun 2022-2023 ini, kita sudah punya Roadmap nya yaitu malang mendunia”.

Ditambahkan Sutiaji, bahwa Roadmap awal pada tahun 2018-2019 adalah konektifitas sebagai bagian dari pembentukan dan penguatan ekosistem ekonomi kreatif yang kemudian pada tahun 2020-2021 dilanjutkan dengan Roadmap Malang berdaya.

“Pada tahun 2018-2019, kita fokus pada konektifitas yang seperti disampaikan pak Andreas tadi bahwa hal tersebut merupakan bagian dari penguatan ekosistem ekonomi kreatif, pada tahun 2020-2021 kita lanjutkan dengan Malang Berdaya, harapannya para pelaku start-up dan hasil karyanya akan memiliki nilai tawar”.

Sejalan dengan pernyataan Walikota Malang tersebut, para akademisi khususnya dari perguruan tinggi juga memberikan respon positif dalam mendukung komitmen Pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Alhamdulillah sudah ada 13 perguruan tinggi di Kota Malang dan 6 perguruan tinggi di luar Kota Malang yang telah membuat kurikulum dan bekerjasama dengan teman-teman komunitas itu artinya bahwa kurikulum perguruan tinggi juga berbasis usulan dari teman-teman komunitas”.

Lebih lanjut, Sutiaji juga berharap bahwa realisasi Roadmap Malang mendunia ini menjadi salah satu pencapaian keberhasilan dalam kepemimpinannya dan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Malang khususnya dalam mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Malang. (Djoko Winahyu)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Disarankan

Regional

Pilihan

Informasi

%d blogger menyukai ini: