Jelang Idul Adha, Stok Sapi dan Domba di Jawa Timur Surplus untuk Hewan Kurban

Politikamalang
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Agus N/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Menjelang Idul Adha 1443 H/2022 M, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa stok sapi dan domba untuk hewan kurban di Jawa Timur masih surplus. Hal ini disampaikannya usai memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan PMK di hotel Grand Mercure, Senin (30/5/2022).

Disampaikan Khofifah, dari proyeksi pemotongan hewan kurban sapi tahun 2022 sebanyak 87.965 ekor. Sedangkan stok sapi yang ada sekitar 120 ribu ekor.

“Sehingga stok hewan kurban sapi bisa dikatakan surplus atau aman,” sebutnya.

Iklan

Sama halnya dengan jumlah stok hewan kurban yang juga surplus. Dimana domba di Jawa Timur yang tersedia untuk idul kurban baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi persyaratannya kira-kira masih surplus sekitar 180 ribuan.

“Artinya untuk stok sapi dan kambing kita aman,” ucapnya.

Sedangkan untuk stok hewan kurban kambing justru mengalami kekurangan stok yang sesuai dengan kualifikasi. Baik dari kesehatan maupun persyaratan ternak untuk menjadi hewan kurban.

“Jadi untuk kambing, prediksi yang dibutuhkan di Idul Adha 2022 dengan stok yang memenuhi kualifikasi kira-kira kita mengalami kekurangan sekitar 120 ribu ekor,” ungkapnya.

Karena itu Khofifah menghimbau bagi masyarakat yang dulu menggunakan kambing sebagai hewan Qurban, tahun ini bisa dikonversi dengan domba untuk menjadi hewan kurban.

“Jadi masyarakat yang dulu berkurban dengan kambing. Tahun ini mungkin bisa diganti dengan domba,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi