Antisipasi Penularan PMK, Babinsa Pandanwangi Pantau Kesehatan Hewan Ternak di Wilayahnya

Politikamalang
Pemantauan kesehatan hewan ternak sapi. (Foto: Agus N/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Mengingat penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) semakin meluas, Babinsa Kelurahan Pandawangi langsung bergerak cepat melakukan pemantauan sekaligus pengecekan kesehatan hewan ternak yang ada di wilayah binaannya, Selasa (31/5/2022). Tepatnya di peternakan sapi milik Ucok yang berada di RT06/08 Jalan Simpang Teluk Bayur, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Babinsa Kelurahan Pandawangi, Pelda Slamet mengatakan, kegiatan yang ia lakukan ini merupakan perintah langsung dari pimpinan atas sekaligus sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur terkait peran aktif TNI dalam penanganan PMK.

“Dari hasil pemantauan di peternakan ini terdapat 11 ekor sapi dan 3 ekor kerbau. Dimana semua hewan dalam kondisi sehat dan kondisi kandang juga bersih,” ujarnya.

Iklan

Lebih lanjut Pelda Slamet menghimbau kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas terkait kesehatan hewan ternaknya. Apalagi ciri-cirinya sudah mengarah pada PMK.

“Kepada warga jangan takut melaporkan ke petugas, jika didapati hewan ternak sapinya mengalami gejala keluar air liur berlebihan, luka lepuh seperti sariawan di lidah, gusi dan hidung. Serta muncul luka pada kuku, tumit dab celah kuku,” terangnya.

Karena itu, agar kasus PMK tidak semakin meluas, maka masyarakat khususnya para peternak harus benar-benar paham apa itu penyakit mulut dan kuku. Bagaimana gejalanya, termasuk juga bagaimana cara mengantisipasi agar hewan ternaknya tidak tertular PMK.

“Selain terus menjaga kesehatan hewan ternak dengan pemberian vitamin dan makanan yang sehat. Kondisi kandang juga harus selalu bersih,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi