Politika Malang

Komitmen Pemkot Malang Wujudkan Kota Malang Ramah Lansia

Rapat Koordinasi Komisi Daerah Lansia Kota Malang. (Foto: Prokompim/politikamalang)

Politikamalang – Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Dr. Wahyu Hidayat, MM menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Komda Lansia. Didampingi Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MM, Rabu, (1/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan bahwa Indeks Pembangunan Manusia Kota Malang pada tahun 2022 adalah 82,71 dan merupakan tertinggi kedua di Jawa Timur. Jika dilihat dari angka harapan hidup Kota Malang, berada di angka 73,75 tahun.

“Hal ini berarti semakin besar angka harapan hidup di Kota Malang yang tentu saja merupakan bentuk keberhasilan dari program peningkatan kualitas kesehatan serta kondusifitas Kota Malang secara umum,” jelasnya.

Iklan
Pj. Wali Kota Malang bersama peserta Rapat Koordinasi Komda Lansia Kota Malang. (Foto: Prokompim/politikamalang)
Pj. Wali Kota Malang bersama peserta Rapat Koordinasi Komda Lansia Kota Malang. (Foto: Prokompim/politikamalang)

Berdasarkan data yang ada, lanjut Wahyu, jumlah penduduk Kota Malang lanjut usia di tahun 2022 sebanyak 110.166 jiwa, atau 13% dari penduduk Kota Malang adalah lansia. Lansia laki-laki sebanyak 47.866 jiwa dan lansia perempuan 58.148 jiwa.

“Sedangkan rasio ketergantungan penduduk Kota Malang sebesar 43,3. Artinya dengan bertambahnya jumlah penduduk lansia maka tingkat ketergantungan pada penduduk usia produktif semakin tinggi,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa proyeksi laju pertumbuhan jumlah lansia yang selalu bertambah setiap tahunnya, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Malang untuk menjadikan Kota Malang semakin nyaman dan aman bagi lansia.

Karena itu Pemkot Malang berkomitmen dalam penanganan lanjut usia dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2015.

“Berdasarkan perda tersebut dijelaskan bahwa peningkatan kesejahteraan lansia ditujukan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental serta memberi perlindungan bagi lansia. Sehingga Kota Malang Ramah Lansia dapat betul-betul kita wujudkan bersama,” ujar Wahyu.

Pada kesempan tersebut, Wahyu juga menyampaikan harapannya agar Kota Malang terus meningkatkan diri untuk menjadi kota yang ramah lanjut usia.

“Untuk itu, semua perangkat daerah yang ada di Pemerintah Kota Malang harus bekerjasama dalam mewujudkan layanan lanjut usia terintegrasi. Kuatkan komitmen untuk menjalankan program-program strategis kelanjutusiaan yang telah menjadi kesepakatan bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Malang, Dwi Rahayu, SH, M.Hum menerangkan bahwa kegiatan Rakorda Komda Lansiadengan tujuan bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kegiatan kelanjutusiaan. Sekaligus untuk memghimpun masukan terkait pelaksanaan kegiatan kelanjutusiaan sebagai bahan referensi kegiatan prioritas lansia tahun 2024 mendatang.

“Melalui kegiatan ini pula kami berharap dapat mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan perlindungan dan pemberdayaan lansia,” pungkasnya.

Exit mobile version