Pacu Perekonomian Desa Lewat Infrastruktur, Kepala DPUBM Kabupaten Malang Terima Prapanca Award

Politikamalang
Penyerahan penghargaan Prapanca Award. (Foto: Agus N/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma, mendapat penghargaan Prapanca Award Kategori Tokoh Birokrasi Inspiratif. Yang diberikan pada Malam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur 2024 di Jember, Minggu malam (29/4/2024).

Penghargaan kategori ini diberikan karena Khairul dinilai telah berhasil membangun infrastruktur jalan pinggiran. Sehingga memacu perekonomian yang ada di desa.

Khairul menyampaikan, peningkatan aksesibilitas lalu lintas dan angkutan jalan akan memacu pertumbuhan perekonomian kawasan dan masyarakat. Karena itu Pemkab Malang berupaya optimal membangun infrastruktur jalan. Termasuk jembatan di wilayah pinggiran dan jalan-jalan strategis sebagai poros utama peningkatan perekonomian desa.

Iklan

“Mulai angkutan hasil pertanian, perkebunan, industri, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Malang. Panjang jalan Kabupaten di Kabupaten Malang totalnya 1.668.762 km dengan kemantapan jalan mencapai 72,85 %,” ungkapanya.

Menurut Khairul, langkah perbaikan untuk meningkatkan infrastruktur jalan, kini terkendala keterbatasan anggaran. Meski minim anggaran, tetapi Bupati Malang HM Sanusi mencanangkan pembangunan infrastruktur jalan secara efektif, efisien, tepat sasaran dengan menggerakkan berbagai lini masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur jalan itu mengoneksikan tiga Koridor Program Berskala Nasional, yaitu KSPN Bromo-Tengger-Semeru, KEK Singhasari, dan PSN Pantai Selatan (Pansela) dengan Bandara Abdurahman Saleh (Abd) Malang, serta Exit Tol Pandaan-Malang,” terangnya.

Selain itu, dikatakan Khairul, instansinya juga melakukan pengeprasan bahu jalan yang tidak standar di sirip-sirip koridor untuk menunjang konektivitas jaringan dan kemantapan jalan. Yang sudah berjalan 5 tahun terakhir ini.

“Pada 2022 kegiatan dilaksanakan di Desa Ngadirejo Kec. Jabung dan Desa Sanankerto Kec. Turen,” tandasnya.

Lebih lanjut, Khairul mengaku senang dan bangga mendapat penghargaan Prapanca. Menurutnya, penghargaan ini bisa semakin memacu DPUBM untuk bekerja lebih keras lagi untuk masyarakat.

“Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk membangun berbagai infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Lutfil Hakim mengatakan, pers sebagai pihak yang mengaspirasikan kebutuhan masyarakat dan juga menyampaikan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Sekaligus juga mengkritisi apa yang belum dilakukan oleh pemerintah.

“Pers menegakkan nilai-nilai demokrasi, pers berkewajiban mendorong supremasi hukum dan yang terpenting pers membela kebenaran. Sehingga rangkaian peringatan Hari Pers Nasional harus diambil ruhnya, jadikan momentum kembali refresh bahwa profesi ini adalah profesi yang terhormat,” tuturnya.

Pada acara yang sekaligus juga memperingati HUT PWI ke 78 tersebut, dilakukan juga prosesi pemberian anugerah penghargaan berbagai katagori kepada para individu-individu yang berkontribusi dan memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan negara oleh PWI Jawa Timur.

Diantaranya, kategori Spesial Award, Change Leader Award, Creative Regional Head, Effectiviness Leadership, Sport Achievement Award, Tokoh Birokrasi Inspiratif dan kategori Tokoh Pers Jatim.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi