Begini Upaya PD Jasa Yasa Kembangkan Wisata Air Kabupaten Malang

Politikamalang
Gambar konsep Pantai Ngeliyep. (Foto: Ist)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa Kabupaten Malang terus mengembangkan usaha pariwisata. Sehingga ada beberapa tempat wisata yang akan di renovasi agar bisa menarik wisatawan.

Salah satunya adalah Pemandian Metro yang berlokasi di wilayah Kecamatan Pujon, Pemandian Metro yang berada di wilayah Kecamatan Kepanjen. Dan Wisata Pantai Ngeliyep yang berlokasi di wilayah Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PD Jasa Yasa Kabupaten Malang R Djoni Sujadmoko, Selasa (2/1), saat dikonfirmasi di NK Cafe, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Iklan

Dijelaskan, rencana merenovasi tiga tempat wisata yang saat ini dikelola PD JasaYasa akan kita realisasikan pada tahun 2024 ini. Seperti Pemandian Metro Pujon dan tempat penjual buah akan kita tata kembali, agar terlihat rapi dan terkesan lebih bagus.

“Sedangkan di area Pemandian Metro Kepanjen konsepnya akan kita buat tempat wisata malam, agar masyarakat bisa menikmati wisata malam,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut dia, Pantai Ngeliyep nantinya akan kita kerja samakan dengan pihak ketiga dengan konsep seperti wisata pantai Jumeirah Beach Residence (JBR) yang ada di Dubai Emirates Arab, yang mana nantinya di Pantai Ngeliyep terdapat hotel berbintang empat.

Sehingga di Kabupaten Malang nantinya terdapat wisata pantai yang berkelas, karena wisatawan tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja, namun juga mendapatkan fasilitas hotel yang berkelas.

“Infrastruktur jalan menuju Pantai Ngeliyep sudah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, dan kini jalannya sebagian sudah mulus,” ujarnya.

Disisi lain, Djoni menyebutkan, wisata pantai di Malang Selatan yang saat ini menjadi primadona masih Pantai Balekambang. Karena kunjungan wisata di saat hari libur selalu dipenuhi pengunjung. Seperti pada saat libur Natal dan Tahun Baru kemarin, total pengunjung mencapai 10 ribu orang.

“Artinya, Pantai Balekambang masih menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur menikmati keindahan Pantai Ngeliyep. Padahal, di wilayah Pantai Malang Selatan banyak terdapat tempat wisata pantai, diantaranya Pantai Sendangbiru, Kondang Merak, Tamban, Gua Cina, Modangan, dan Bajulmati.

“Meski sama-sama memiliki keindahan alamnya. Namun, pengunjung lebih suka menikmati keindahan di Pantai Ngeliyep,” ungkapnya.

Tapi, kata dia, PD Jasa Yasa hanya mengelola dua pantai saja, yakni Pantai Balekambang dan Pantai Ngeliyep. Dan untuk menuju dua pantai tersebut mudah dijangkau baik menggunakan roda empat maupun roda dua.

“Bahkan, lokasi pantai-pantai tersebut kini jalannya ditunjang dengan Jalur Lingkaran Selatan (JLS). “Untuk membangun Pantai Ngeliyep menjadi wisata pantai berkelas dibutuhkan anggaran sebesar Rp 120 miliar. Sehingga diperlukan kerja sama dengan investor,” pungkasnya.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi