Pj Wali Kota Malang Resmikan Ekosistem Urban Farming Kelurahan Samaan

Pj Wali Kota Malang meninjau lokasi Urban Farming Kelurahan Samaan. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Sempitnya lahan pertanian di Kota Malang ternyata tidak mengurangi animo masyarakat dalam bercocok tanam secara mandiri. Beberapa waktu terakhir, konsep budidaya pertanian melalui urban farming menjadi solusi mensiasati keterbatasan lahan.

Urban farming menjamur di beberapa wilayah di Kota Malang dan yang terbaru yaitu di wilayah RW 1 Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen.

Diinisiasi Tim Penggerak PKK Kelurahan Samaan, organisasi kemasyarakatan perempuan itu menggandeng salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberi nama BRINITA alias BRI Bertani di Kota.

Iklan

Dilaunching pada Sabtu (7/10/2023) di RW 1 Kelurahan Samaan, urban farming hasil kolaborasi ini semakin lengkap karena diresmikan langsung oleh Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama CEO Regional BRI Muhammad Suratin.

Pj Wali Kota Malang Resmikan Ekosistem Urban Farming Kelurahan Samaan. (Foto: Ist/politikamalang)

Pada acara itu, Kepala Dispangtan Kota Malang, Camat Klojen, beserta Lurah dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Samaan turut hadir mendampingi orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Usai meresmikan, Wahyu beserta rombongan menyempatkan meninjau lokasi urban farming. Penjabat Walikota Malang itu juga menikmati hasil urban farming seperti pare, keripik, jamu dan minuman olahan dari jambu dan bayam. Wahyu juga tampak menikmati suasana di lokasi yang asri dan memberikan atensi urban farming di Kelurahan Samaan ini.

Ditemui usai acara, Wahyu memberikan apresiasi kepada BRI yang telah memilih Kelurahan Samaan lewat program BRINITA ini. Dirinya menambahkan nampak perubahan sebelum dan sesudah program ini dilaksanakan.

“Bahkan titik yang dulunya tempat pembuangan sampah kini telah berubah menjadi lokasi urban farming,” ujarnya.

Wahyu menekankan, tugas berikutnya khususnya Kelurahan Samaan adalah menjaga keberlangsungan urban farming ini. Dirinya tidak ingin inisiasi yang baik ini hanya berjalan di awal saja tetapi harus terus berlanjut dan memberikan manfaat terus menerus bagi masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Wahyu mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada BRI atas kepercayaan memilih Kelurahan Samaan lewat Program BRINITA ini. Karena terbukti sangat jelas perbedaan before dan after nya dan itu jadi daya tarik tersendiri.

“Sekarang tugasnya adalah menjaga supaya urban farming ini tidak cuma di awal saja yang bagus, tapi perlu berlanjut dan berkesinambungan. Sehingga perlu kesadaran masyarakat untuk merawat urban farming ini supaya manfaatnya dapat dirasakan,” ucapnya.

Sementara itu, CEO Regional BRI, Muhammad Suratin mengaku akan membantu memasarkan produk urban farming lewat outlet mereka bernama Loka-Loka yang berada di depan Kantor Kanwil BRI di Jalan Martadinata.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi