Walikota Sutiaji: Kota Malang Mulai Vaksinasi Booster, Gratis

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Kota Malang telah memulai program vaksinasi Covid-19 untuk dosis ketiga atau vaksinasi booster pada Kamis (13/1/2022).

Sebanyak 50 warga lanjut usia (lansia) Kota Malang mengikuti vaksinasi booster perdana.

Simbolis peluncuran vaksin booster tiga ini berlangsung di Mini Block Office, Jalan Majapahit, Kota Malang bertempat di Aula Bersama Lantai 4, Kamis, (13/1/22).

Iklan

Pemberian vaksin dosis ketiga ini bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan yang telah ada serta memperpanjang masa perlindungan.

“Saya minta kepada masyarakat Kota Malang, ini ditangkap dengan baik. Karena kita belum tahu kapan pandemi ini berakhir. Maka diputuskan perlunya booster ini untuk menguatkan vaksin satu dan vaksin dua. Sehingga nanti herd immunity terbangun dengan baik,” tutur Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, saat membuka dan memberikan arahan pada kegiatan Pencanangan Vaksinasi Dosis Ketiga (Booster) Bagi Masyarakat Kota Malang.

Walikota Sutiaji menerangkan bahwa Kota Malang menjadi salah satu daerah yang telah diperkenankan melaksanakan vaksinasi booster.

“Tidak semua daerah boleh melakukan booster, yang boleh itu yang capaian vaksin pertama 70 persen dan capaian vaksin kedua di angka 60 persen,” terangnya.

Walikota Sutiaji turut menjelaskan bahwa vaksin booster akan diberikan kepada masyarkat Kota Malang secara gratis.

“Dulu kan masih debatable, berbayar atau tidak. Tapi kita sudah memutuskan bahwa ini kewajiban negara hadir untuk kepentingan masyarakat, maka sekarang tidak berbayar,” jelas Walikota Sutiaji.

Juga diutarakan olehnya bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang akan mengupayakan ketersediaan dosis vaksin booster agar cukup diberikan kepada masyarakat.

“Saat ini yang tersedia 60 ribu sampai 70 ribu dosis. Sudah tidak perlu ada kegelisahan dan kekhawatiran tidak dapat (vaksin booster). Semua akan terpenuhi. Karena sudah disampaikan negara bahwa booster ini dibutuhkan. Maka keterediaannya itu akan disiapkan,” tegas Walikota Sutiaji.

Nantinya, pemberian vaksin booster ini akan menggunakan jenis Pfizer dan AstraZeneca.

Mengingat pandemi yang belum berakhir, orang nomor satu di Kota Malang ini turut berpesan kepada masyarakat agar berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau sudah mendapat booster, jangan tidak pakai masker, tidak protokol kesehatan, cuci tangan diabaikan, berkerumun seenaknya. Karena booster ini menjadi salah satu upaya agar kita terhindar dari Covid-19, itu yang penting,” tutupnya.

Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Komandan Kodim 0833 Letkol Arm. Ferdian Primadhona serta perwakilan Forkopimda Kota Malang, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso. Dan nampak menjadi peserta vaksinasi booster pagi itu, mantan Wakil Walikota Malang, Sutrisno, mantan Sekda Kota Malang; Wasto dan Hadi Santoso.

Terakhir Kepala Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif, menjelaskan bahwa pelaksanaan booster pada Januari ini akan mendahulukan lansia dan masyarakat rentan.

“Sehingga pada hari ini kami mengundang yang masuk dalam kategori lansia,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat akan dimulai pada Senin depan (17/1/2022). Dan akan didistribusikan melalui faskes di berbagai lokasi guna memudahkan masyarakat dalam menjangkaunya.

“Pelaksanaan berikutnya untuk warga masyarakat Kota Malang, kita distribusikan ke faskes-faskes yang berwenang. Diantaranya 16 puskesmas, 20 rumah sakit, dan 45 klinik,” pungkas Husnul.

Ditempat yang sama, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona, menegaskan, jajarannya siap mengawal pelaksanaan vaksin booster tiga ini.

“Kami siapkan jajaran, sesuai dengan kapasitas dan teritorialnya, untuk turun mengawal proses vaksinasi booster. Harapan kami, ini bisa semakin kuat menekan penyebaran covid-19,” paparnya. (Djoko Winahyu)

Bagikan :

Politika malang
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Disarankan

Politika malang
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi