Peringati HPN dan Hari Air Dunia, PWI Malang Raya Bersama Perumda Tirta Kanjuruhan Siap Hijaukan Area Sumber Air

Politikamalang
Kolaborasi PWI bersama Perumda Tirta Kanjuruhan dalam peringatan HPN dan Hari Air Dunia. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

PolitikamalangKota Malang, Sebagai rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan peringati hari air sedunia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya bersama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang siap menghijaukan area sumber air yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan tersebut awalnya akan di gelar pada Kamis (24/3) akhirnya dapat dipastikan akan digelar pada Ahad (27/3) mendatang oleh Bupati Malang HM Sanusi, secara simbolis.

Pelaksanaan penanaman pohon secara simbolis tersebut akan di lakukan di tandon Simpar, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini selain untuk menjaga sumber air, juga untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam agar manusia dapat menghirup udara yang segar dan hidup sehat.

“Untuk simbolisnya itu Ahad (27/3), tapi mulai besok (Jumat 18/3) kami sudah melaksanakan penanaman pohon di beberapa area sumber air secara bertahap,” ucapnya, Kamis (17/3/2022).

Sebab, lanjut Syamsul, lingkungan yang lestari dan seimbang, akan mampu berfungsi dengan optimal karena alam bertindak sebagai penyokong kehidupan, baik sebagai penyedia oksigen, hingga air.

“Saya berharap, kegiatan ini tidak berhenti disini saja, tetapi bisa berkelanjutan dan membuat program-program lain yang bisa mendukung agar alam tidak mengalami krisis,” tegasnya.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, kegiatan penanaman pohon atau penghijauan tersebut masih rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022, yang sekaligus untuk memperingati hari air sedunia.

“PWI Malang Raya kan punya Jurnalis Siaga Bencana, jadi penanaman pohon ini untuk mencegah terjadinya bencana, baik tanah longsor atau banjir,” katanya.

Selain itu, lanjut Cahyono, kegiatan penanaman pohon tersebut juga bertujuan untuk menjaga kelestarian mata air, agar kondisi alam tetap terjaga kelestariannya.

“Pohon yang ditanam nanti rencananya ada sekitar 5 ribu pohon, mayoritas merupakan pohon buah-buahan seperti sukun, mangga, alpukat, durian dan sebagainya,” ucapnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, lanjut Cahyono, PWI Malang Raya, bersam Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang akan dilakukan secara bertahap di 12 sumber air dari 63 sumber air yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Selain Perumda Kanjuruhan, juga diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemdes, agar pohon itu bisa terawat. Pohon-pohon itu akan ditanam secara bertahap di area sumber air, terutama di Semberpitu,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Disarankan

Regional

Pilihan

Informasi

%d blogger menyukai ini: