Prospek Pengembangan Dan Pembangunan Perusahaan Pakan Ternak Di CV. Sari Makmur

Politikamalang
Penulis; Muhammad Rizky Alfitra Pratama, Mahasiswa Ekonomi Pembangunan - FEB UMM. (Foto: Rizki/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, CV SARI MAKMUR merupakan Perusahaan industri pakan ternak yang berlokasi di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Perusahaan CV Sari Makmur memproduksi jagung dalam jumlah besar untuk campuran pakan ternak yang memenuhi permintaan pengusaha pakan ternak. CV Sari Makmur terus berkembang dengan banyaknya pabrik pakan di wilayah Blitar dan menurut para pengusaha peternak ayam, mereka memilih pabrik pakan ternak yaitu CV Sari Makmur karena kualitasnya bagus namun harganya terjangkau. Seperti yang dikatakan peternak ayam, produksi pakan ternak yang dihasilkan oleh CV SARI MAKMUR membuat ayam bertelur dengan baik dan tetap stabil.

Keberhasilan perusahaan tergantung pada faktor perusahaan itu sendiri, baik secara internal maupun eksternal. Faktor internal seperti manajemen, tenaga kerja, modal, tingkat teknologi dll, sedangkan faktor eksternal seperti ketersediaan transportasi, komunikasi, fasilitas kredit, penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan pendapatan menimbulkan biaya dan diharapkan menghasilkan keuntungan dan manfaat pada perusahaan. Suatu proyek/perusahaan dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, maka dalam merencanakan setiap proyek harus selalu dipikirkan apakah proyek yang dilaksanakan akan menguntungkan atau tidak.

Secara umum untuk mengatakan suatu perusahaan berhasil atau tidak, maka perlu diperhatikan aspek-aspek teknis perusahaan (prosedur, teknologi dan manajemen) yang layak secara ekonomis dan dari segi sosial, politik, dan keamanan.

Iklan

Pada awal proyek/perusahaan mungkin mendapatkan sedikit keuntungan tetapi keuntungan dapat dinikmati setelah bertahun-tahun. Pada umumnya besarnya keuntungan juga tergantung dari jumlah modal yang ditanamkan, sehingga semakin besar kemungkinan keuntungan yang diharapkan. Untuk menentukan besarnya keuntungan yang dicapai, terlebih dahulu harus diketahui besarnya biaya dan pendapatan. Laba yang dihasilkan adalah selisih antara pendapatan dikurangi beban. Konsep penerimaan keuntungan adalah keuntungan perusahaan, yaitu. pendapatan kotor dikurangi biaya variabel.

Laba bersih adalah margin penjualan dikurangi biaya tetap. Dan laba bersih adalah pendapatan kotor dikurangi total biaya. Biaya tetap didefinisikan sebagai biaya yang tidak tergantung pada jumlah output yang diproduksi, sedangkan biaya variabel adalah biaya yang berubah dengan jumlah atau kuantitas produk. Perusahaan nutrisi CV Sari Makmur telah berkembang begitu cepat. Perusahaan ini berkembang karena memiliki prospek yang bagus.

Ada 2 jenis produksi jagung. Jenis jagung yang besar adalah jagung yang khusus digunakan untuk pakan ayam jantan (jantan). Dan selanjutnya yaitu jagung kecil (jagung yang sudah pecah) merupakan jenis jagung yang digunakan untuk pakan ayam petelur. Keduanya dibuat dengan perhitungan yang detail untuk menjaga kualitas jagung tetap baik. Namun, metode perhitungan yang sama tetap digunakan untuk menentukan harga jual produk. Saat menghitung harga jual jagung, biaya perolehan dan produksi ditambahkan terlebih dahulu dan kemudian keuntungan yang diinginkan ditambahkan dalam rumus yang sering disebut perkiraan keuntungan. Metode sederhana ini telah digunakan sejak perusahaan didirikan.

Cara ini digunakan karena dianggap cara yang paling sederhana dan mudah. Perusahaan pakan ternak CV Sari Makmur tidak perlu merogoh kocek banyak hanya untuk menentukan harga jual. Perusahaan dapat menggunakan tenaga kerjanya untuk menentukan harga jual. Perusahaan dapat menggunakan energi mereka untuk fokus menjaga kualitas jagung, ketersediaan produk, layanan pelanggan dan pemasaran. Tidak ada kendala dalam melakukan perhitungan, menurut karyawan perusahaan Sari Makmur, tidak ada pembeli yang mengeluhkan harga yang mereka tetapkan sendiri. Tentu saja, mereka mengeluh tentang fluktuasi harga di pasar, tetapi mereka tidak mengeluh tentang tingginya harga. Dengan demikian, mereka merasa bahwa penentuan harga jual produk yang mereka gunakan tidak menjadi masalah.

Selain itu, masalah kesejahteraan perusahaan dengan harga yang diberikan juga sangat memadai. Harga yang mereka tetapkan dapat menutupi seluruh biaya produksi dan keuntungan yang diperoleh juga dapat meningkatkan kesejahteraan perusahaan dan seluruh karyawan. Hal ini terlihat saat peneliti mewawancarai salah satu karyawan pabrik pakan ternak CV Sari Makmur. Gaji mereka sangat masuk akal, meski lelah, gajinya sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan.

Terima kasih penulis ucapkan kepada Dra. Arfida Boedirochminarni, M.S. yang telah memberikan tugas dalam mata kuliah Masalah Dan Kebijakan Pembangunan , untuk melakukan penelitian terkait dengan prospek pengembangan dan pembangunan perusahaan pakan ternak di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. (Dian)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi