Semarakkan Pemilu Damai, HMI Cabang Malang Menggelar Diskusi dan Nobar Cawapres

Politikamalang
Foto bersama dari narasumber beserta peserra. (Foto: ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Kota Malang, HMI Cabang Malang sukses menyelenggarakan Diskusi dan Nobar Debat Calon Wakil Presiden. Agenda yang disponsori oleh Mifeng Kopitiam ini diselenggarakan pada hari Senin, 21 Januari 2024, bertepatan dengan berlangsungnya Debat Cawapres yang disiarkan langsung dibeberapa platform televisi nasional.

Adapun tujuan diselenggarakannya Diskusi dan Nobar ini ialah untuk menyemarakkan semangat Pemilu Damai di wilayah Malang Raya, Khususnya Kota Malang.

“Pemilu yang damai, jujur, dan adil harus terus disemarakkan dan digelorakan. Adalah kewajiban bagi setiap elemen dan kelompok masyarakat di wilayah Malang Raya untuk menjaga kondusifitas Pemilu, begitu juga bagi HMI Cabang Malang sebagai kelompok sosial kepemudaan yg bergerak melalui tindakan-tindakan Ekstra Parlementer.” Ujar Andi Pratama yang saat ini sedang diamanahkan sebagai Kabid PPDesa HMI Cabang Malang.

Iklan

Kegiatan yang diselenggarakan di Mifeng Kopitiam ini juga diharapkan menjadi fondasi awal bagi partisipasi politik masyarakat, khususnya kaula muda yang lebih baik lagi.

“dari kegiatan ini kami berharap dapat menjadi pemantik api dan semangat partisipasi politik yang lebih besar lagi kobarnya bagi masyarakat di wilayah Malang Raya, khususnya Kota Malang.” Tambah Andi Pratama.

Sementara itu, Bapak Rachmad K. Dwi Susiloh, Ph.D (Sosiolog dan Sekprodi Pascasarjana UMM) mengatakan bahwa masing-masing pasangan Cawapres hanya berkutat pada wilayah Isu dan belum sampai pada level untuk mengurai permasalahan.

“Debat sebatas pengayaaan isu isu. Belum sampai pada permasalahan mendesak dan agenda kebijakan. Kepentingan rakyat yaitu kontrak komitmen, apa strategi penyelesaian atas masalah lingkungan, iklim dan bencana. Kalau hanya disuguhi retorika, tidak akan ada perubahan krisis lingkungan yang berarti.”

Fais Mirwan Hamid selaku Sekjend RFG Malang Raya yang ditunjuk menggantikan Mas Chusni Mubarok (Ketua DPC Gerindra Kab. Malang) yang berhalangan hadir mengatakan bahwa kegiatan seperti ini penting sebagai bentuk edukasi politik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada HMI Cabang Malang sebagai penyelenggara kegiatan ini. Kegiatan seperti ini penting untuk memberikan pemahaman politik secara langsung. Kami yakin bahwa niat baik Gibran sebagai Calon Wakil Presiden adalah untuk membanggakan Indonesia. Diperlukan dorongan program hirilisasi agar Indonesia dapat mandiri dan kuat. Misi besar kami adalah memastikan kemajuan sektor politik, budaya, pendidikan, kesehatan, ekonomi, hukum, ketenagakerjaan, jaminan sosial, UMKM, dan desa yang mandiri. Pasangan calon 02 yakin bahwa Indonesia akan menjadi negara makmur dengan visi misi bersama menuju Indonesia emas.” Ujar Fais.

Sementara, perwakilan dari Paslon 01, yakni Mas Niriyanto Adnan yang saat ini menjabat sebagai Ketua LPP PKB Kota Malang mengapresiasi kegiatan ini.

“Forum seperti ini sangat luar biasa dan perlu untuk dijaga konsistensi dari temen² HMI untuk membuat forum² ilmiah seperti ini.” Ujar Mas Niriyanto.

“Walaupun acara debat kita di ciderai dgn salah satu paslon yg tidak mengedepankan etika, selebihnya sudah luar biasa, apalagi pernyataan komitmen dari semua tim paslon untuk pemilu damai di Kota Malang.” Tambahnya.

Disisi lain perwakilan dari Paslon 03, Bapak Zaenudin, ST., MAP lebih banyak menyampaikan komitmen, visi dan harapan beliau sebagai Sekretaris Pemenangan Ganjar-Mahfud Kota Malang.
“Tim pemenangan pasangan Ganjar Mahfud Kota Malang, berkomitmen :

  1. Meraih kemenangan dengan dengan cara yang jujur, adil dan demokratis.
  2. Menang bersama rakyat, tanpa adanya penyalahgunaan aparat.
  3. Membumikan visi, misi dan program Paslon Ganjar Mahfud di kota mqlang dengan turun langsung door to door ke masyarakat dan mengajak masyarakat untuk cerdas dan bijak dalam memilih calon pemimpinnya.” Ujar Pak Zaenudin yang juga pernah menjabat sebagai Komisioner KPU Kota Malang periode 2014-2019.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi