Optimalisasi Aset, Pemkot Malang Tanami Ratusan Pohon di Lahan eks TPA Kalisari

Politikamalang
Walikota Malang, Sutiaji menanam pohon di lahan eks TPA Kalisari. (Foto: Agus N/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melakukan optimalisasi lahan eks TPA Kalisari, dengan menjadikannya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Berbagai jenis pohon ditanam untuk menghijaukan lahan yang berlokasi di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing ini.

Penanaman dilakukan langsung Walikota Malang, Drs.Sutiaji, bersama dengan para penggiat dan kader lingkungan Kota Malang, Jumat (23/12/2022).

Sebelumnya, lahan dengan luas sekitar 500 meter per segi ini semula merupakan lahan TPA Kalisari. Yang kemudian beralih menjadi tempat relokasi pedagang Pasar Blimbing. Namun kemudian relokasi juga bergeser pindah ke eks Stadion Blimbing. Sehingga lahan di eks TPA Kalisari lama tidak difungsikan.

Iklan
Politikamalang
Walikota Malang bersama Pembina Kader Lingkungan Kota Malang. (Foto: Agus N/politikamalang)

Karena itu, Sutiaji tidak ingin ada orang lain yang memanfaatkan lahan aset milik pemkot Malang ini. Dengan alasan sudah lama tidak difungsikan.

“Kita ingin agar aset kita itu jangan sampai ada orang lain yang memanfaatkan. Orang lain kadang beralasan mumpung tidak ada yang memanfaatkan, lebih baik kita sendiri yang manfaatkan. Maka dari itu, segera dilakukan optimalisasi dengan menjadikannya sebagai RTH,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutiaji mengapresiasi upaya penghijauan yang diinisiasi oleh Kader Lingkungan Kota Malang. Kemudian didukung oleh berbagai komunitas dan pegiat lingkungan.

“Sesuai dengan tempatnya ini akan terus kita kembangkan. Ada kurang lebih targetnya 1.000 pohon, yang tertanam saat ini 500-700-an pohon,” sebutnya.

Menurutnya, ini merupakan kolaborasi yang luar biasa dari berbagai elemen masyarakat. Inilah hebatnya Malang dengan semboyannya Salam Satu Jiwa.

“Kita hanya mensupport apa yang bisa kita berikan, tapi masyarakat luar biasa. Terus akan kita lakukan, lahan lain yang masih kosong juga akan kita maksimalkan,” tuturnya.

Senada, Pembina Kader Lingkungan Wasto mengaku bersyukur karena banyak sekali komunitas dan pegiat lingkungan yang hadir dan ‘tumplek blek’ menyukseskan kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk saat ini dan kedepannya.

“Keihklasan kita hadir kali ini dalam rangka mendirikan pabrik pabrik oksigen di wilayah Kota Malang. Dengan partisipasi kita menjadi sebuah hal yang monumental untuk kedepannya. Terlaksananya kegiatan hari ini karena dukungan dari berbagai macam pihak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya menyampaikan, hingga saat ini
pengelolaan aset eks TPA Kalisari tersebut masih di Diskopindag.

“Tapi nanti setelah ada SK peralihan dari Diskopindag kepada DLH. Maka nanti pengelolaannya nanti akan menjadi kewenangan dari DLH untuk memelihara,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi