Gubernur Khofifah Buka Forda 1 Jatim di Kota Malang

Pembukaan Forda 1 Jatim di Kota Malang. (Foto: Agus N /politikamalang)
Pembukaan Forda 1 Jatim di Kota Malang. (Foto: Agus N /politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, ribuan pegiat olahraga masyarakat yang tergabung dalam Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) 1 Jawa Timur. Bertempat di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) gelaran olahraga ini dibuka langsung Gubernur Jawa Timur, Sabtu (27/5/2023).

Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., berharap, melalui Kormi, kekuatan tradisi di masing-masing daerah akan terus bisa ditumbuhkembangkan dengan format masing-masing.

“Terus mengenalkan berbagai jenis olahraga tradisi dan kekayaan budaya. Dimana dimungkinkan, maka kenalkan, sosialisasikan dan dikembangkan,” ucapnya.

Iklan
Devile Kontingen Forda Kota Malang. (Foto: Agus N /politikamalang)
Devile Kontingen Forda Kota Malang. (Foto: Agus N /politikamalang)

Sebab kalau tidak dikembangkan dan disosialisasikan, ia khawatir generasi yang akan datang hanya akan melihatnya pada dokumen-dokumen perjalanan tradisi dan permainan tradisional yang pernah ada dan dimiliki negeri ini.

“Karena itu hari ini adalah hari dimana kita memanggil memori masyarakat Jawa Timur. Bahwa kita mempunyai permainan dan olahraga tradisional yang bersifat rekreatif dan bisa membangun kreativitas kita,” tuturnya.

Lebih lanjut, Walikota Malang Drs Sutiaji menyampaikan ucapan terimakasih kepada para kontingen Forda Jatim yang sudah hadir di Bumi Arema.

“Terimakasih kepada provinsi Jawa Timur yang telah meminta Kota Malang menjadi tuan rumah Forda 1 Jawa Timur. Paling tidak ada mobilitas orang datang sehingg pertumbuhan ekonomi di Kota Malang juga bergerak,” ucapnya.

Walikota Sutiaji berharap Forda perdana ini bisa berjalan sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Karena menurutnya, event semacam ini pasti ada mobilisasi masyarakat yang ketika ada mobilisasi masyarakat disitu terjadi beberapa hilirisasi.

“Pasti butuh tempat tinggal, pasti butuh makan, pasti butuh jajan. Sehingga ada perputaran ekonomi yang meningkat dan akan menjadi kekuatan kita semua,” tuturnya.

“Karena olahraga itu harus bisa membuat sehat jasmani dan rohani, termasuk juga sehat ekonomi,” tandasnya.

Gubernur Jawa Timur memberikan sambutan pada Forda 1 Jatim. (Foto: Agus N /politikamalang)
Gubernur Jawa Timur memberikan sambutan pada Forda 1 Jatim. (Foto: Agus N /politikamalang)

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Kormi Jawa Timur Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP. menyampaikan, gelaran Forda 1 Jatim ini diikuti 21 Kabupaten Kota se-Jawa Timur. Yang telah terbentuk kepengurusan Kormi dan telah dikukuhkan.

“Total ada 31 cabang olahraga masyarakat dengan 109 jenis olahraga yang dipertandingkan.
Dan diikuti sebanyak 2.200 atlet atau pegiat olahraga masyarakat bersama 523 official,” terangnya.

Melihat perjalanan dan perkembangan Kormi Jawa Timur, sangat menggembirakan. Dari tahun 2021 semenjak dikukuhkan oleh Kormi nasional, Kormi Jawa Timur bisa berkembang dengan sangat cepat.

“Dari yang awalnya hanya 9 Kormi Kabupaten Kota, sekarang sudah 21 Kormi seluruh Kabupaten Kota dari 38. Jadi masih ada 17 yang belum terbentuk Kormi,” sebutnya.

Lebih lanjut menurut Untari, ada dampak yang sangat positif dari terselenggaranya Forda 1 Jawa Timur di Kota Malang. Yakni sebagai ajang untuk mewadahi proses pembinana para pegiat atau atlet di Kabupaten Kota se Jawa Timur.

“Gelaran Forda 1 Jawa Timur ini juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian ditempat penyelenggaraan. Yang dalam hal ini Kota Malang,” pungkas Untari.

Bagikan :

M. Anas Muttaqin
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Disarankan

M. Anas Muttaqin
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi