Politika Malang

Resmi Dibuka, UKW ke-40 PWI Malang Diikuti Wartawan Dari Berbagai Daerah

Pembukaan UKW PWI Malang Raya. (Foto: Agus/politikamalang)

PolitikamalangKota Malang, PWI Malang Raya kembali menggelar Uji Kopetensi Wartawan (UKW) ke 40. Bertempat di Politeknik Negeri Malang (Polinema), kegiatan ini secara resmi dibuka Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.

Tidak hanya dari Malang saja, UKW kuota Nasional ini juga diikuti wartawan dari berbagai daerah di Jawa bahkan luar Jawa.

Dalam sambutannya Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., profesi jurnalis merupakan pilar dan kontrol sosial masyarakat, yang harus memiliki skill dan keilmuan.

Iklan

“Karena dalam keilmuan, kompetensi harus dimiliki oleh semua profesi salah satunya wartawan karena profesinya adalah profesi mulia. Jadi harus dilaksanakan dengan hati dan ikhlas,” ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Kapolresta Malang Kota membuka agenda UKW PWI Malang Raya. (Foto: Agus/politikamalang)

Untuk itu, lanjut Buher, diharapkan ke depan seorang jurnalis dapat membuat konten yang bermanfaat, sehingga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

Pelaksanaan UKW ini yang ketiga, semoga dalam pelaksanaan UKW ini terus semakin berdampak positif dan bermanfaat, serta kontennya pun bisa semakin lebih baik.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada teman-teman insan pers yang melaksanakan UKW, baik itu dari luar Kota Malang, atau luar Provinsi Jawa Timur, selamat datang semoga aja berjalan lancar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua PWI Jatim Luthfil Hakim menyampaikan ucapkan dan penghargaan setinggi tingginya kepada Kapolresta Malang Kota yang sangat mendukung dalam setiap event yang di selenggarakan oleh insan pers termasuk dalam pelaksanaan UKW.

“Menurut hemat kami beliau sangat layak di anugerahi PWI Award 2022 dalam puncak perayaan Hari Pers Nasional 2022 atas segala prestasi dan dedikasi yang telah di berikan. Untuk para peserta UKW Angkatan 40 ini kami pesankan agar semakin meningkat kompetensi skill jurnalistik dan paling utama adalah kompetensi moral dalam menangkap segala peristiwa yang akan di beritakan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengajak kepada seluruh peserta yang hadir agar serius dalam mengikuti UKW ini. Pasalnya, UKW merupakan amanat dari Dewan Pers, agar wartawan memiliki skill dan kompetensi di bidang jurnalistik.

“Sejak PWI Malang Raya melaksanakan UKW pada 2013 silam, sudah ada 181 wartawan yang telah lulus uji kompetensi. Sedangkan 7 wartawan, dianggap gagal atau tidak lulus dalam UKW yang digelar PWI Malang Raya,” ucapnya.

“Harapan kami para peserta ini bisa lulus semua. Makannya kami harap para peserta bisa serius mengikuti UKW PWI Malang Raya angkatan 40 ini,” harapnya.

Sebagai tuan rumah, Pembantu Direktur II Bidang Administrasi, Keuangan dan Kepegawaian, Jaswadi, SE, Ak, MSi, DBA sangat menyambut baik program PWI Malang Raya yang menggelar UKW di Polinema.

“Kami berharap kerjasama ini tidak berhenti disini saja namun sesuai dengan MoU antara Polinema dengan PWI Malang raya yang sudah disepakati dan ditandatangani bersama itu. Maka Polinema terbuka akan memfasilitasi kegiatan PWI di Polinema kedepannya,” tandasnya. (Agus N)

Exit mobile version