Siap Sukseskan Pemilu 2024, Pengurus MAPPILU PWI Malang Raya Resmi Dilantik

Politikamalang
Pengurus MAPPILU PWI Malang Raya bersama Forkompimda Malang Raya. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pengurus Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Malang Raya resmi dilantik, Rabu (10/5/2023).

Bertempat di Warung Tani, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, prosesi pelantikan dilakukan langsung Ketua MAPPILU PWI Jawa Timur (Jatim) Mahmud Suhermono. Dan dihadiri Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim mengatakan, keberadaan MAPPILU ini merupakan bukti bahwa masyarakat dan pers ikut bertanggungjawab pada penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu).

Iklan

“Pelantikan Mappilu ini sebagai bukti peran aktifnya PWI dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang. Bagaimana memantau pelaksanaan Pemilu dengan cita-cita bersama supaya terselenggara sukses dan berkualitas, dan bisa melahirkan pimpinan atau wakil rakyat yang juga berkualitas,” ucapnya.

Menurut Lutfil, MAPPILU sebenarnya sudah dibentuk sejak tahun 2008 lalu, dan sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak KPU dan Bawaslu.

“Dengan adanya MAPPILU PWI Malang Raya ini, diharapkan bisa turut berkontribusi bagaimana menciptakan pesta demokrasi dengan sukses dan berkualitas,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan seluruh peserta Pemilu bisa melaksanakan Pemilu dengan sportifitas, dan bagi pewarta diharapkan tetap bisa menyelaraskan tugasnya sebagai pemantau pemilu dan insan pers.

“Peserta Pemilu diharapkan menjunjung tinggi sportifitas. Dan teman-teman MAPPILU PWI Malang Raya diharapkan bisa terus netral, tajam, kritis dan membangun serta memperbaiki. Supaya partisipasi bisa lebih tinggi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua MAPPILU PWI Jatim, Mahmud Suhermono menjelaskan, kepada pengurus MAPPILU yang telah dilantik ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Disini kita berberan dalam memantau aktifitas pemilu sekaligus berperan dalam memberi pemahaman kepada masyarakat terkait Pemilu,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Mahmud dengan pengawasan Pemilu yang baik, maka Pemilu 2024 mendatang dapat terlaksana dengan adil dan bermartabat sehingga dapat melahirkan pemimpin yang amanah.

“Kepada pengurus Mappilu yang telah dilantik, kami ucapkan selamat bekerja dan selamat bertugas,” pesannya.

Senada, Cahyono menjelaskan, MAPPILU PWI Malang Raya ini juga akan mengedukasi masyarakat untuk berpolitik sehat dalam menghadapi pemilu serentak 2024 mendatang.

“Kami juga akan mengedukasi masyarakat untuk bisa berpolitik sehat dalam pemilu mendatang. Kami akan melakukan pemantauan dan pengawasan sesuai dengan tupoksi yang sifatnya hanya mengumpulkan data, dan melaporkan langsung ke MAPPILU, Jatim hingga pusat dan Bawaslu Pusat,” tandasnya.

Sementara itu, pelantikan ini turut dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Malang Raya. Diantaranya Walikota Malang, Ketua DPRD Kota Malang, beberapa Ketua Parpol, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Malang Raya.

Berikut susunan Kepengurusan MAPPILU PWI Malang Raya periode 2022-2025:

Penanggung Jawab: Ir. Cahyono (Skh. Bhirawa/Ketua PWI Malang Raya).

Ketua: Muhaimin (Malang Posco Media).
Wakil Ketua
: M. Taufik (Harian Bhirawa).
Sekretaris : Sapteng Muktinunggal (Malang Live).
Bendahara: Endang Sukarelawati (LKBN Antara).

Divisi Pemantau Pemilu

Koordinator
: Djanuar Tri Wahyudi (Hr. Malang Post)
Anggota
: Ferry Ardiansyah (RRI)
Anggota
: Agus Nurchaliq (Politika Malang)
Anggota
: Deni Rahman (Malang Voice).

Divisi Sosialisasi dan Pelatihan
Koordinator
: Noordin Djihad (Malang Voice)
Anggota
: Rahadi (Seru.co.id)
Anggota
: Syaiful Afandi (Antara TV)
Anggota
: Hesti Kristanti (Harian Surya)

Divisi Informasi dan Logistik
Koordinator
: Sunavip Ra Indrata (Harian Malang Post)
Anggota
: Rizky Wijaya (Malangtimes.com)
Anggota: Lukcy Ramadan (Beritajatim.com)
Anggota
: Rahmad Marsudi Prayoga (Baca Malang.com).

Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum
Koordinator
: Iwan Setiawan (Hr. Malang Post)
Anggota
: Eka Susanti SH. (Suarapembaruan.id)
Anggota: Cholil (Surabaya Post)
Anggota
: Eko Nurcahyo (Hr. Malang Post)

Koordinator Simpul Daerah
Kota Malang
: Djoko Winahyu (Malangpariwara.com)
Kota Batu
: Dedik Ahmad Hidayat (Hr. Duta Masyarakat).
Kabupaten Malang
: Toski Dermaleksana (Malangvoice.com). (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi