Kick-off Serambi, BI Malang dan Perbankan Buka Layanan Penukaran Uang

Kepala KPw BI Malang melepas mobil layanan kas keliling Penukaran uang. (Foto: Agus N / Politikamalang)
Kepala KPw BI Malang melepas mobil layanan kas keliling Penukaran uang. (Foto: Agus N / Politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang bekerja sama dengan perbankan akan membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat.

Melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI), penukaran uang bisa dilakukan masyarakat mulai 27 Maret sampai dengan 19 April 2023.

“Layanan penukaran uang tersedia di 109 titik lokasi yang tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan serta Kota dan Kabupaten Probolinggo,” jelas Kepala KPw BI Malang, Samsun Hadi, saat Kick Off Serambi di halaman Kantor BI Malang, Sabtu (25/3/2023).

Iklan

Menurut Samsun, jumlah uang yang disiapkan BI Malang sebanyak Rp4,64 triliun. Naik 10,47% dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp4,20 Triliun.

“Dengan rincian Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp3,93 Triliun atau naik sebesar 8,5% dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp3,62 triliun. Dan Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp0,71 triliun atau naik 22,4% dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp0,58 triliun,” ungkapnya.

Seremoni Kick Off SERAMBI BI Malang 2023 ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon. (Foto: Ist / politikamalang)

Proyeksi kenaikan ini lanjut Samsun, mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

“Penukaran akan menggunakan scan KTP, dimana selama periode penukaran 1 (satu) KTP hanya diperbolehkan melakukan penukaran sebanyak 1 (satu) kali dengan nominal maksimal sebesar Rp3,7 juta,” sebutnya.

Untuk penukaran uang melalui perbankan, masyarakat bisa langsung datang ke bank. Tapi untuk penukaran uang melalui BI, dilakukan dengan aplikasi pintar untuk menghindari antrian.

“Pelayanan melalui aplikasi pintar untuk memudahkan masyarakat agar tidak antri lama, ada kepastian waktunya kapan. Sehingga mereka bisa dilayani dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan Samsun, penukaran mulai 27 Maret sampai 19 April 2023 akan dilakukan serentak di seluruh perbankan di area KPw BI Malang. Termasuk akan ada pelayanan di gedung Kartini selama enam hari untuk masyarakat Malang Raya.

Selain itu, BI Malang juga melakukan penukaran secara kas keliling di pasar-pasar tertentu. Dimana jadwalnya bisa dilihat di Instagram BI untuk kas keliling.

Termasuk memberikan pelayanan di wilayah pinggiran yang selama ini tidak tersentuh pelayanan perbankan.

“Jadi selain di 109 titik pelayanan, ada wilayah yang tidak tersentuh oleh perbankan. BI akan masuk melayani di sana,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Politika malang
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Disarankan

Politika malang
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi