Diteror, Rumah Petugas Lapas Kelas I Malang Dilempar Bom Bondet

Politikamalang
Kepala Lapas Kelas 1 Malang, Heri Azhar. (Foto: Ist/politikamalang)

Bagikan :

Bagikan :

PolitikamalangKota Malang, Rumah pribadi petugas Lapas Kelas I Kota Malang diteror orang tak dikenal dengan lemparan bom jenis bondet. Rumah yang berada wilayah Desa Sumber Keradenan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini, dihuni Abdul Azis, salah satu staf Kesatuan Pengamanan Lapas.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebu. Meski Abdul Azis bersama anak istrinya sedang di dalam kamar, jelasnya

Dikonfirmasi terkait aksi teror bom tersebut, Kepala Lapas Kelas I Malang, Heri Azhari, membenarkan adanya peristiwa itu. Peristiwa itu terjadi Senin (24/10/2022) lalu, sekitar pukul 10.45 WIB berdasarkan rekaman CCTV. Dan baru tercium awak media Sabtu (29/10/2022).

Iklan

“Benar, ada peristiwa pelemparan bom bondet itu,” jelas Heri Azhari, saat ditemui awak media, Sabtu (29/10/2022).

Dalam rekaman, terlihat dua orang berboncengan mengendarai sepeda motor tanpa plat nomor, mondar-mandir sekitar dua kali. Keduanya terlihat menenteng tas selempang berwarna abu-abu berisi bahan peledak. Setelah dua kali berputar di daerah tersebut, seorang yang dibonceng melemparkan tas tersebut ke dalam rumah Aziz, dan bom bondet tersebut meledak.

Menurut Heri, pelemparan bom jenis bondet itu diduga berkaitan dengan upaya Kanwil Kemenkumham Jatim dalam melakukan pemberantasan narkoba di Lapas. Dimana Lapas Kelas 1 Malang saat ini menggencarkan pemberantasan narkoba ke dalam lapas.

Beberapa modus berhasil digagalkan petugas Lapas Kelas I Kota Malang. Salah satunya, pelemparan narkoba jenis sabu dari luar tembok lapas, yang berhasil ditemukan petugas saat rutin patroli keliling.

“Rupanya, upaya pemberantasan ini membuat jaringan pengedar narkoba menjadi terusik dan tidak terima,” ujarnya.

Bom rakitan berjenis bondet itu berisi kelereng dan kerikil, yang membuat kerusakan teras rumah. Tembok depan retak dan plafon serta kursi kayu rusak.

Saat ini, lanjut Heri, Lapas Kelas 1 Malang menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke Polres Malang. Pihaknya berharap sepenuhnya kepada kepolisian, agar pelakunya segera tertangkap.

Ditemui terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Malang, AKP Donny Kristian Baralangi mengatakan, pihaknya sudah mengidentifikasi dua pelaku. Pelempar bom jenis bondet di rumah petugas Lapas Kelas I Kota Malang.

“Pelaku sudah teridentifikasi, kami masih dalami lagi terkait posisi keberadaannya. Hasil identifikasi dan olah TKP, ditemukan serpihan kelereng dan batu kecil, serta kain abu-abu diduga tas pembungkus bom jenis bondet,” terangnya.

Kerusakan yang ditimbulkan pada kursi, dinding tembok, dan plafon, dengan total kerugian sekitar Rp2-3 juta. Selain itu CCTV milik korban juga rusak.

“Untuk CCTV milik korban rusak akibat ledakan. Ada pula CCTV yang masih utuh,” pungkasnya. (Agus N)

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi